Piala Eropa 2020

Jerman sementara unggul 4-1, dua di antaranya gol bunuh diri

Jerman sementara unggul 4-1, dua di antaranya gol bunuh diri

Striker Jerman Kai Havertz (07) merayakan gol ketiga timnya dalam laga Grup F EURO 2020 melawan Portugal di Allianz Arena di Muenchen, Jerman, 19 Juni 2021. ANTARA/AFP/Christof Stache

Jakarta (ANTARA) - Sampai menit ke-60 babak kedua, Jerman sementara mengungguli Portugal 4-1 setelah dalam babak pertama memimpin 2-1 berkat dua gol bunuh diri pemain Portugal yang memupus keunggulan mereka sendiri dari gol Cristiano Ronaldo.

Gol pada babak kedua diciptakan oleh Kai Havertz dan Robin Gosens. Tetapi dalam pertandingan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena di Muenchen itu, Sabtu malam ini, Jerman lebih dulu mencetak gol pada menit kelima lewat Robin Gosens tetapi Serge Gnabry dinyatakan offside sebelum gol ini terjadi.

Jerman yang kalah pada pertandingan pertama melawan Prancis menjadi pihak yang lebih berinisiatif menyerang, tetapi akhirnya Portugal yang unggul lebih dulu pada menit ke-15.

Baca juga: Jerman tumpul dan kehabisan ide
Baca juga: Joachim Loew janji akan benahi masalah timnas Jerman

Gol ini berawal dari serangan balik yang cepat ketika Bernardo Silva mengirimkan bola diagonal kepada Diogo Jota yang berlari bersamaan dengan Ronaldo.

Jota menerima bola itu tapi dia tidak mau egois dengan menyilangkannya kepada Ronaldo sehingga mengecoh Manuel Neuer. Ronaldo pun tinggal dua gol lagi untuk menyamai rekor dunia gol terbanyak dari seorang pemain untuk timnasnya.

20 menit kemudian Jerman menyamakan kedudukan 1-1 setelah Joshua Kimmich mengumpan Robin Gosens yang melepaskan tendangan voli yang berusaha disambut Kai Havertz, namun tampaknya malah bek tengah Ruben Dias yang menyentuh bola sehingga masuk ke gawang sendiri.

Baca juga: Loew berjanji Jerman main lebih menyerang lawan Portugal

Empat menit kemudian pada menit 39, giliran Raphael Guerreiro yang menghadiahkan gol untuk Jerman lewat gol bunuh diri kedua Portugal dalam laga ini.

Thomas Mueller mengawali petaka Portugal itu setelah mengirimkan kepada Joshua Kimmich yang melepaskan bola tapi malah dipotong Guerreiro masuk ke gawang sendiri.

VAR kemudian mengintervensi gol ini untuk melihat kemungkinan Jerman lebih dulu offside sebelum gol tersebut. Tapi VAR memastikan gol ini sah.

Kai Harvetz, Gosens dan Gnabry bermain cemerlang dalam pertandingan ini, dengan kerap merepotkan Portugal yang menjadi pihak yang lebih tertekan dalam laga ini.

Baca juga: Penguasaan bola bakal jadi senjata utama Portugal hadapi Jerman

Pada menit ke-44 penjaga gawang Rui Patricio terpaksa melakukan penyelamatan dari upaya Gosens menjebol gawangnya. Kedudukan 2-1 bertahan sampai babak pertama, tapi pada menit ke-51 babak kedua keunggulan bertambah dari gol Kai Harvetz.

Pemain Chelsea ini memasukkan bola setelah menerima sodoran umpan silang yang matang dari Gosens yang melewati kaki para bek Portugal dan dimasukkan Harvetz ke gawang yang sudah tak terjaga.

Pada menit ke-60, giliran Gosens yang menjebol gawang Rui Patricio setelah serangan yang dirancang matang dari tengah lapangan berakhir dengan umpan silang dari Joshua Kimmich yang disambut dengan sundulan oleh Gosens.

Baca juga: Susunan pemain Jerman vs Portugal: Selecao dan Panser tak ubah starter
Baca juga: Mancini sebut Prancis, Portugal, dan Belgia lebih favorit juara


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar