IPB dan BKIPM KKP tebar benih ikan untuk Bulan Mutu dan Karantina Ikan

IPB dan BKIPM KKP tebar benih ikan untuk Bulan Mutu dan Karantina Ikan

Kegiatan tebar ikan di kampus IPB kolaborasi BKIPM KKP dan IPB University. (ANTARA/HO-IPB University)

Jakarta (ANTARA) - IPB University dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkolaborasi menebar 23.200 benih ikan nilem dan 1.500 benih ikan tor dewa dalam rangka penyelenggaraan Bulan Mutu dan Karantina Ikan.

Menurut keterangan resmi IPB University yang diterima di Jakarta, Ahad, kegiatan tersebut dipelopori Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

"Dengan adanya pendistribusian ikan dan menggencarkan gemar makan ikan, masyarakat mendapatkan ikan yang bermutu yang mengandung gizi lengkap, sehat dan mudah didapat," ujar Kepala BKIPM Rina.

Menurutnya, kegiatan seperti itu sudah berlangsung selama enam tahun sebagai salah satu cara mensosialisasikan gerakan makan ikan bermutu kepada masyarakat.

Baca juga: Tiga calon profesor IPB sampaikan ringkasan ilmiah jelang guru besar

Baca juga: Alumnus IPB University pendiri dua perusahaan berbagi ilmu soal pupuk


Penebaran benih ikan itu dilakukan secara simbolis di Telaga Inspirasi yang berlokasi di kampus IPB University di Dramaga, Bogor. Sementara itu, persiapan penebaran benih ikan tor dewa dan ikan nilem juga dilakukan untuk Situ Leutik sebagai salah satu wujud untuk menjaga pelestarian ikan domestik.

Lebih lanjut, pendistribusian ikan beku bermutu sebanyak dua ton juga dilakukan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah FPIK IPB University. Sasarannya adalah tenaga kependidikan dan tenaga harian lepas di berbagai unit kerja yang ada di IPB University.

"Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, Kepala Tata Usaha/perwakilan dari unit kerja di IPB University datang untuk mengambil paket ini untuk dibagikan kepada staf, satpam maupun petugas kebersihan sebagai salah satu bentuk gerakan gemar makan ikan," demikian Rina.*

Baca juga: Guru Besar IPB kembangkan inovasi olah sampah tanpa bau BakPo SABDO

Baca juga: IPB University: BUMDes berpotensi jadi tulang punggung ekonomi desa

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KKP serap aspirasi publik untuk tetapkan harga ikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar