Piala Eropa 2020

Southgate pastikan Kane tetap main lawan Ceko

Southgate pastikan Kane tetap main lawan Ceko

Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate (kiri) menyambut kapten Harry Kane yang ditarik keluar dalam pertengahan babak kedua laga Grup D Euro 2020 melawan Skotlandia di Stadion Wembley, London, Inggris, Jumat (18/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Facundo Arrizabalaga)

Jakarta (ANTARA) - Gareth Southgate memastikan kapten tim nasional Inggris Harry Kane akan tetap bermain melawan Republik Ceko dalam laga pemungkas Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Pernyataan itu menjadi langkah yang tidak biasa bagi Southgate, terlebih Kane belakangan ini mendapat kritik deras karena dinilai tidak tampil baik saat Inggris mengalahkan Kroasia 1-0 dan ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia.

"Anda bisa berasumsi demikian. Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini," kata Southgate kepada ITV saat ditanya apakah Kane akan main lawan Ceko, demikian dilansir Reuters, Minggu malam tadi.

Baca juga: Southgate akui Inggris tidak berbuat banyak saat diimbangi Skotlandia

Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa sang kapten, tetapi alasan-alasan lain.

"Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan," kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

"Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang.

"Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi dia adalah pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini.

Baca juga: Kane bilang kesuksesan tim Inggris di Eropa bantu timnas dalam Euro
Baca juga: Seteru lama Inggris dan Skotlandia berbagi skor kacamata

"Dia sangat penting, bukan hanya golnya, tetapi juga perannya membantu membangun serangan serta hal-hal lain yang dibawanya ke tim ini," ujar Southgate panjang lebar.

Southgate mengakui bahwa ia sadar Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras, tapi meyakini penyerang Tottenham Hotspur itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

"Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali," katanya.

"Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar dan dia menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya dan saya berharap hal yang sama," tutup Southgate.

Inggris di atas kertas hanya butuh hasil imbang kontra Ceko untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Baca juga: FA ajak suporter hormati pemain Inggris lakoni aksi berlutut
Baca juga: David Villa sebut Harry Kane adalah penyerang terbaik saat ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar