Solo (ANTARA News) - Tim Vietnam usia 16 tahun menjadi juara pada kejuaraan sepak bola ASEAN Football Federation U-16 Championship 2010 setelah mengalahkan kesebelasan China dengan angka 1-0 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu malam.

Gol tim Vietnam dalam pertandingan babak final tersebut dicetak pemain depan dengan nomor punggung 25, Nguyen Xuan Nam pada menit 44.

Gol itu membuat Vietnam unggul atas China sehingga menduduki peringkat pertama dari empat kesebelasan yang mengikuti kejuaraan ASEAN Football Federation (AFF) U-16 di Solo.

Peringkat kedua diduduki China dan posisi ketiga diraih Timor Leste yang mengalahkan tim tuan rumah Indonesia dengan angka 2-0. Atas kekalahan itu tim Indonesia menjadi juru kunci kejuaraan AFF U-16.

Tim Vietnam yang dimotori Dang Anh Tuan mendapatkan sertifikat yang diserahkan Ketua Delegasi AFF Khiev Sameth, sedangkan Piala AFF U-16 Championship 2010 diserahkan Wali Kota Solo Joko Widodo.

Pelatih Timnas Mundari Karya mengatakan, kejuaraan AFF di Solo sebagai ajang seleksi pemain untuk mengikuti kejuaraan final Asian Football Confederation (AFC) di Uzbekistan.

"Saya melihat masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, di antaranya fisik, teknik, dan mental bertanding para pemain yang masih perlu digenjot jika ingin bersaing dalam kejuaraan AFC," katanya.

Pelatih tim Vietnam Hoang Van Phuc mengatakan, kemenangan timnya dalam kejuaraan AFF untuk memantapkan diri sebelum mengikuti pertandingan final AFC.

Pelatih China Zhang Ning mengatakan, timnya bermain kurang maksimal karena stamina yang menurun, sehingga sulit untuk menembus pertahanan Vietnam.

"Namun, kami yang diundang mengikuti kejuaraan itu berterima kasih kepada PSSI maupun AFF, karena dapat menjajaki kekuatan lawan sebelum bertanding di final AFC. Keempat tim dalam kejuaraan AFF, semuanya lolos ke final AFC," katanya.

Pelatih Timor Leste Kim Shin Hwan asal Korea Selatan mengatakan, timnya saat melawan Indonesia masih kurang maksimal, karena kelelahan. Kondisi itu disebabkan para pemain kurang beristirahat.

"Namun demikian, kami akan melakukan latihan fisik untuk meningkatkan stamina pemain sebelum maju ke final AFC. Tim kami harus banyak latihan lagi untuk mengimbangi tim-tim dari Asia," katanya. (B018/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010