Laporan dari China

Vaksinasi di China jangkau satu miliar penduduk

Vaksinasi di China jangkau satu miliar penduduk

Para petugas medis bersiap menyambut kedatangan warga negara asing yang hendak disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama di bilik-bilik semipermanen yang didirikan di areal Museum Chaoyang Park, Beijing, China, Selasa (23/3/2021). Sedikitnya 160 jurnalis asing yang bertugas di Beijing dan ratusan diplomat mendapatkan suntikan vaksin buatan Sinopharm dalam program vaksinasi massal khusus untuk WNA tersebut. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

China sedang meningkatkan perannya dalam memenuhi komitmen kepada dunia menjadikan vaksin sebagai barang kebutuhan global,
Beijing (ANTARA) - Program vaksinasi COVID-19 di China telah menjangkau satu miliar orang dari jumlah penduduk 1,4 miliar jiwa.

Hanya dalam lima hari, jangkauan vaksinasi telah bertambah 100 juta, demikian pernyataan Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dikutip media resmi setempat, Senin.

"Kampanye besar-besaran vaksinasi di seluruh pelosok negeri ini telah menunjukkan vaksin China aman," kata Wakil Kepala NHC Zeng Yixin.

Baca juga: WHO setujui vaksin COVID Sinovac, vaksin kedua China yang terdaftar
Baca juga: Vaksinasi hampir separuh penduduk, China kembangkan dosis ketiga


Pihaknya menargetkan 70 persen penduduk China telah menerima vaksin COVID-19 hingga akhir tahun ini.

Sejak tahun lalu sebanyak 21 jenis vaksin COVID-19 buatan China telah memasuki tahap uji klinis.

Namun sejauh ini hanya empat yang menerima persetujuan pemasaran dalam kondisi tertentu dan tiga lainnya dalam penggunaan darurat.

Dua vaksin buatan China, yakni Sinopharm dan Sinovac, telah mendapatkan persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penggunaan darurat.

"China sedang meningkatkan perannya dalam memenuhi komitmen kepada dunia menjadikan vaksin sebagai barang kebutuhan global," kata Prof Zhong Nanshan, pakar epidemiologi ternama di China. 
Baca juga: Brazil akan beli vaksin COVID sekali suntik buatan China
Baca juga: China izinkan Sinovac digunakan untuk usia 3-17 tahun

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi lansia, BPOM tunggu uji klinik di Brazil & China

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar