OJK Sumbar dukung konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah

OJK  Sumbar dukung konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah

Gubernur Sumbar Mahyeldi berbincang dengan Kepala OJK Sumbar Yusri, Padang, Sumatera Barat, Senin (21/6/2021). ANTARA/HO-Pemprov Sumbar/aa.

Kita akan bantu seoptimal mungkin untuk kinerja pemerintah Sumbar, termasuk konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah
Padang (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Barat mendukung proses konversi Bank Pembangunan Daerah Sumbar atau Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah sebagaimana telah disepakati sebelumnya pada Rapat Umum Pemegang Saham.

"Kita akan bantu seoptimal mungkin untuk kinerja pemerintah Sumbar, termasuk konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah," kata Kepala OJK Sumbar Yusri di Padang, Senin usai bertemu Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Menurut dia sebagai kepala OJK Sumbar pihaknya siap mengemban tugas mengoptimalkan program Pemerintah Daerah terkait keuangan di daerah.

Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya juga mendorong pemegang saham melakukan berbagai sosialisasi untuk konversi Bank Nagari agar resmi ditabuh saat rapat pemegang saham.

Secara aklamasi para pemegang saham yaitu bupati dan wali kota telah sepakat Bank Nagari beralih menjadi Bank Umum Syariah .

"Kami berharap, para pemegang saham sudah menyetujui dan semuanya kompak serta setuju, tidak ada yang menolak," ujarnya.

Begitu pula dengan direksi dan komisaris Bank Nagari juga setuju yang telah memproses satu per satu sebagaimana disyaratkan oleh OJK.

Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak OJK, perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank mendukung konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah dan bersinergi dengan Pemprov Sumatera Barat .

"Dukungan dari semua termasuk dari OJK dan pihak Bank Nagari sendiri dibutuhkan karena ini menjadi semangat kita bersama, termasuk para direksi, komisaris dan seluruh pemegang saham sudah sepakat," kata dia.

Menurut Mahyeldi,masyarakat Sumbar dikenal menjunjung tinggi prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, sehingga kebijakan yang diambil Bank Nagari konversi ke syariah merupakan langkah tepat.

"Saya mengajak pihak OJK mendukung konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah," katanya berharap.

Selanjutnya Gubernur Sumbar mengajak OJK ikut andil mewujudkan Sumbar Madani melalui ekonomi kerakyatan.

Menurutnya, OJK harus hadir melalui perbankan untuk membantu masyarakat terutama para petani karena sebagian besar masyarakat di Sumbar bekerja sebagai petani.

Baca juga: Konversi Bank Nagari ke syariah menuju keberkahan
Baca juga: Kisah Biyok si kakek tunarungu, peraup ratusan juta dari cuci piring

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan lewat TPAKD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar