Piala Eropa 2020

Dongeng indah Denmark melenggang ke 16 besar

Dongeng indah Denmark melenggang ke 16 besar

Pencetak gol pertama Denmark ke gawang Rusia, Mikkel Damsgaard, merayakan golnya yang turut memenangkan Denmark 4-1 atas Rusia dalam pertandingan Grup B di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark, 21 Juni 2021. (Pool via REUTERS/Wolfgang Rattay) (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Putus asa berubah menjadi kegembiraan ketika Denmark mencatat kemenangan menakjubkan 4-1 atas Rusia untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2020 pada Senin malam nan indah di Kopenhagen, Denmark.

Tahu pasti hanya kemenangan yang membuat mereka bisa maju, Mikkel Damsgaard membakar semangat timnya lewat gol ajaib pada menit ke-38 pada malam yang menegangkan di Stadion Parken.

Sebuah kesalahan mengerikan yang dibuat pemain Rusia Roman Zobnin membuat Yussuf Poulsen mencegat bola untuk menggandakan keunggulan tepat saat laga masuk satu jam.

Rusia mengancam bangkit ketika Artem Dzyuba mengonversi penalti pada menit ke-70 tetapi tendangan kencang Andreas Christensen mengubah skor menjadi 3-1 sebelum Joakim Maehle menuntaskan kemenangan gilang gemilang ini.

Itu hanya separuh kisah karena nasib Denmark tidak benar-benar berada di tangannya sendiri. Mereka kemudian harus berutang budi kepada Belgia yang mengalahkan Finlandia 2-0 di St Petersburg dalam waktu bersamaan.

 
Pelatih timnas Denmark Kasper Hjulmand (kiri) merayakan gol pertama Denmark bersama Mikkel Damsgaard dalam pertandingan pamungkas Grup B Euro 2020 antara Rusia vs Denmark di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Minggu (21/6/2021). (ANTARA/REUTERS/WOLFGANG RATTAY)


Baca juga: Belgia sempurnakan perjalanan fase grup dengan bekuk Finlandia 2-0

Setelah kalah pada dua pertandingan pembukanya pasca tragedi serangan jantung Christian Eriksen dalam pertandingan pembuka melawan Finlandia, Denmark lolos sebagai runner-up dan selanjutnya menghadapi Wales pada 16 besar.

Belgia finis dengan memuncaki Grup B setelah mengumpulkan nilai maksimal sembilan poin, sedangkan Denmark, Finlandia dan Rusia semuanya mencatat tiga poin, namun Denmark yang menyodok ke atas mereka karena unggul selisih gol.

Baca juga: Klasemen akhir Grup B, Denmark akhirnya ke 16 Besar

Selanjutnya selain tembakan ...

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar