"Yang menyenangkan adalah tingkat (penyebaran) penyakit telah turun secara terus-menerus dan konsisten di Jepang selama beberapa minggu terakhir,"
Jakarta (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada  Senin menyampaikan akan melakukan pembahasan dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait penanggulangan COVID-19 di Jepang, setelah penyelenggara mengumumkan ajang olahraga terbesar itu boleh dihadiri penonton dalam jumlah terbatas.

Kepala Program Kedaruratan WHO Mike Ryan menilai terjadi perkembangan positif di Jepang dengan menurunnya tingkat penularan jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang menjadi penyelenggara acara berskala besar.

"Yang menyenangkan adalah tingkat (penyebaran) penyakit telah turun secara terus-menerus dan konsisten di Jepang selama beberapa minggu terakhir," kata Ryan dalam konferensi pers di Jenewa yang diikuti Reuters.

Pembahasan ini menindaklanjuti pengumuman panitia pelaksana yang membolehkan 10.000 penonton domestik menghadiri acara Olimpiade di Tokyo. Keputusan ini bertentangan dengan rekomendasi beberapa ahli medis yang mengimbau agar acara dilangsungkan tanpa penonton demi meminimalisir risiko penularan.

"Kami mengetahui keputusan itu hari ini dan kami menindaklanjuti dengan IOC serta pihak berwenang di Jepang. Kami akan mengadakan panggilan lagi dengan satuan tugas mereka minggu ini untuk mempertimbangkan keputusan baru ini," Ryan menuturkan.

Meski begitu, penonton dari luar negeri dilarang untuk datang setelah muncul penentangan publik dan kekhawatiran mendalam tentang potensi peningkatan penularan.

Ryan mengatakan, tingkat infeksi Jepang ialah 80 orang per satu juta penduduk dalam seminggu terakhir, atau jauh lebih rendah dari banyak negara lain.

WHO akan terus memeriksa prosedur manajemen dan penilaian risiko untuk Olimpiade, serta melihat proses penyaringan hingga pengawasan, menjaga jarak, pranata ventilasi, dan banyak hal lainnya.

"Tapi penting untuk dicatat bahwa tingkat kejadian di Jepang telah turun secara konsisten selama beberapa minggu terakhir," pungkasnya.

Baca juga: India protes aturan Olimpiade Tokyo "tidak adil"
Baca juga: Penyelenggara Olimpiade tetapkan batas 10.000 penonton per arena
Baca juga: Olimpiade Tokyo kembali pangkas jumlah ofisial dari luar negeri

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021