Kasus COVID-19 di Bangka Barat mulai menurun

Kasus COVID-19 di Bangka Barat mulai menurun

Ilustrasi - Kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat. ANTARA/Donatus Dasapurna/am.

kami imbau warga untuk ikut serta program vaksinasi
Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan jumlah warga yang terkonfirmasi positif virus Corona baru pada pekan ketiga Juni 2021 mengalami penurunan dibandingkan pekan sebelumnya.

"Pada pekan ketiga ditemukan sebanyak 70 warga terkonfirmasi positif atau sekitar 2,8 persen dari kasus kumulatif, sedangkan pada pekan kedua 98 kasus atau 3,9 persen dari keseluruhan kasus selama pandemi berlangsung," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Selasa.

Meskipun terjadi penurunan kasus, menurut dia, penurunan tersebut bukan penurunan sesungguhnya karena rasio pelacakan terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien isolasi belum sepenuhnya tercapai.

"Bahkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat Bangka Barat dinilai terendah se-Pulau Bangka, berdasarkan data COVID-19 nasional dan monitoring kepatuhan prokes pada 19 Juni 2021," Putra menambahkan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 meninggal di Bangka Barat tambah 2 jadi 35
Baca juga: Satgas: Kasus COVID-19 di Bangka Barat turun 38 persen


Ia menjelaskan, perkembangan kasus COVID-19 di Bangka Barat pada minggu kedua Juni 2021 ditemukan 98 kasus baru, sedangkan untuk jumlah pasien sembuh sebanyak 218 orang atau 9,28 persen dari kesembuhan kumulatif. Pada pekan tersebut juga ditemukan adanya pasien meninggal dunia berjumlah enam orang.

Pada minggu ketiga Juni 2021, kata dia, kasus konfirmasi berjumlah 70 orang, sedangkan jumlah pasien sembuh mencapai 115 orang dan kasus meninggal dunia tiga orang.

Terkait dengan pemeriksaan atau testing, pada periode pekan ketiga Juni 2021 telah dilaksanakan tes usap antigen sebanyak 1.078 dengan kasus positif 2,5 persen, sedangkan untuk tes usap PCR berjumlah 99 tes dengan kasus positif 16 persen.

Satgas akan terus melakukan pencegahan dan pengendalian penyebaran kasus dengan memperbaiki penerapan disiplin protokol kesehatan maupun dari sisi penguatan testing agar pandemi di Bangka Barat dapat terkendali.

"Kami imbau warga untuk ikut serta program vaksinasi di Bangka Barat agar segera terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang memenuhi syarat. Tetap patuh protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun," katanya.

Baca juga: Satgas: 11.436 warga Bangka Belitung suspek COVID-19
Baca juga: Sebanyak 927 pasien COVID-19 Bangka Selatan sudah sembuh


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wiku: Penularan rendah, COVID-19 sukar bermutasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar