HUT ke-494 DKI, Anies harap Jakarta segera bangkit

HUT ke-494 DKI, Anies harap Jakarta segera bangkit

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) didampingi dokter spesialis anastesi (nakes COVID-19) Putra Prasetio Nugraha (kiri), CEO PT Mitra Komunikasi Visinema Rifky Widianto (kanan) bersiap memberikan pernyataan dalam acara Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-494 Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin (24/5/2021). ANTARA/Ricky Prayoga/am.

Mudah-mudahan ujian yang sedang kita hadapi ini akan bisa kita lewati
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memimpin upacara peringatan HUT ke-494 DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta Selasa pagi ini secara serentak, baik dihadiri pejabat langsung atau secara virtual, mengharapkan Jakarta untuk segera bangkit dari pandemi.

Anies mengatakan harapan tersebut sesuai dengan tema HUT DKI tahun ini yang ke-494, yang juga mengangkat tema Jakarta Bangkit.

"Tema ini mengandung makna sebagai upaya pemulihan ekonomi, kondisi kesehatan, menuju kota ketahanan, berkelanjutan, yang menggambarkan mimpi warga Jakarta untuk bangkit," ujar Anies dalam sambutannya.

Jakarta, lanjut Anies, terus melakukan perjuangan dan adaptasi untuk bisa pulih dengan semua elemen masyarakat mulai dari individu, lembaga, perguruan tinggi, hingga pemerintahan memberi kontribusinya.

Kontribusi dari berbagai elemen ini pula, kata Anies, yang dapat mendukung kemajuan kota seperti Jakarta yang merupakan kota dengan banyak sumber daya.

Baca juga: HUT DKI Jakarta dirayakan secara virtual

"Karena itulah Pemprov DKI mengedepankan kolaborasi mengajak seluruh komponen untuk bekerja bersama memajukan kota sebagai usaha kolektif untuk mengajak seluruh komponen untuk bekerja membangun kota Jakarta," ucapnya.
Perajin di Jagakarsa, Jakarta Selatan mengerjakan wajah ondel-ondel yang akan dipamerkan di Taman Ismail Marzuki (TIM) menyambut HUT ke-494 DKI Jakarta, Sabtu (19/6/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)


Karenanya pula, lanjut Anies, ketika ada rencana pembangunan maka bukan bicara rencana pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semata, tetapi rencana pembangunan daerah, rencana pembangunan kota hingga rencana pembangunan masyarakat.

Kolaborasi itu juga, tambah Anies, diharapkan untuk dikedepankan di masa pandemi ini dengan melibatkan semua pihak untuk mau terlibat langsung dalam menangani persoalan-persoalan yang muncul akibat pandemi yang sedang dihadapi Jakarta.

"Kota Jakarta adalah kota yang dipenuhi dengan pribadi-pribadi tangguh, di kota ini berkumpul orang-orang yang sanggup untuk menghadapi tantangan, sanggup untuk menghadapi cobaan, tidak mudah menyerah, selalu ingin mendapatkan peningkatan dan siap untuk bekerja keras bekerja, pekerja tuntas. Kota ini penuh dengan orang-orang yang tangguh," katanya.

Karenanya, dia berharap setelah pandemi COVID-19 berlalu, Jakarta akan menjadi kota yang lebih baik, meski ia menyadari bahwa masa pandemi tak mudah dan penuh tantangan.

Baca juga: Rayakan HUT DKI Jakarta lewat hiburan dan edukasi audio secara virtual

"Karena itu kita perlu disiplin, perlu memastikan bahwa setiap kita menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, paling kecil melindungi diri, keluarga dengan mengikuti seluruh prokes. Mudah-mudahan ujian yang sedang kita hadapi ini akan bisa kita lewati," tutur dia.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gubernur DKI ungkapkan makna bangkit dari pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar