Jakarta Timur berniat buka rumah sakit khusus COVID-19

Jakarta Timur berniat buka rumah sakit khusus COVID-19

Ambulans beriringan memasuki Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Sabtu (9/1/2021). Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Senin (21/6/2021) mengungkapkan 90 persen tempat tidur isolasi di rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 telah terpakai kendati kapasitasnya terus ditambah, bahkan sudah lebih 10 ribu ruang isolasi dan "Intensive Care Unit" (ICU). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc

kita akan buat rumah sakit khusus COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur berniat untuk membuka rumah sakit khusus pasien COVID-19 agar lonjakan kasus di kawasan itu bisa ditangani dengan lebih cepat.

"Tidak menutup kemungkinan ada wacana salah satu rumah sakit besar, kita akan buat rumah sakit khusus COVID-19. Kami secara bertahap mengurangi kunjungan dari pasien atau warga yang berobat umum," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu menanggapi lonjakan kasus positif COVID-19 di wilayah Jakarta Timur dan DKI Jakarta secara keseluruhan dalam beberapa hari terakhir.

Indra Setiawan menambahkan bahwa hal tersebut terpaksa dilakukan apabila kasus positif COVID-19 terus mengalami lonjakan.

Lebih lanjut, Indra Setiawan menyampaikan terkait kebutuhan tempat tidur untuk pasien COVID-19 di wilayah Jakarta Timur juga mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Angka COVID-19 di Jakarta Timur meningkat hingga 1000 kasus per hari

"Memang akhir-akhir ini kebutuhan tempat tidur semakin meningkat karena kita lihat dengan kasus yang semakin meningkat. Dari datanya itu kasus bergejala yang memang membutuhkan perawatan di rumah sakit juga semakin meningkat," ujar Indra Setiawan.

Mengantisipasi hal tersebut, kata Indra, sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan pasien COVID-19 di Jakarta Timur telah melakukan penambahan tempat tidur.

"Beberapa rumah sakit sudah melakukan penambahan tempat tidur," tutur Indra Setiawan.

 Sebelumnya, Indra Setiawan mengatakan dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan angka positif COVID-19 di wilayahnya.

Indra menyebut jika sebelumnya angka penambahan kasus positif COVID-19 di Jakarta Timur berkisar 200 per hari kini bisa mencapai 1000 kasus per harinya.

Baca juga: Ini permintaan Anies terkait lonjakan COVID-19 di Jakarta

"Kalau di Jakarta Timur sebelumnya per hari 150 sampai 200 kasus baru, tapi lima hari ini kita di atas seribu penambahan kasus baru," kata Indra Setiawan saat ditemui dalam pembukaan Sentra Vaksinasi COVID-19 di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta.
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jakarta mulai vaksinasi COVID-19 penderita autoimun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar