Islamabad (ANTARA) - Pakistan telah membuat kesepakatan untuk mendapatkan 13 juta dosis vaksin COVID-19 dari Pfizer, kata Menteri Kesehatan Faisal Sultan, Selasa.

Batas waktu yang tepat belum tersedia, menteri kesehatan Faisal Sultan mengatakan kepada Reuters, tetapi mengatakan dosis akan tiba pada akhir 2021, di bawah kesepakatan yang telah dibuat pemerintah dengan produsen.

Pakistan menghadapi keraguan vaksinasi awal dan kekurangan pasokan vaksin tetapi memulai kampanye vaksinasi massal akhir bulan lalu yang sekarang terbuka untuk semua orang dewasa. Ini sangat bergantung pada sekutu China untuk pasokan vaksin.

Pada tanggal 29 Mei, Pakistan menerima 100.000 dosis vaksin Pfizer melalui fasilitas COVAX, tetapi pihak berwenang hanya memberikannya kepada orang-orang yang kekebalannya terganggu dan tidak cocok untuk vaksin lain.

Baca juga: Presiden Pakistan Arif Alvi positif COVID usai divaksin dosis pertama
Baca juga: Pakistan akan mulai impor vaksin CanSino untuk dijual


Hampir 13 juta dosis vaksin COVID-19 telah diberikan di negara berpenduduk 220 juta orang sejauh ini, dengan sekitar 3,5 juta orang telah divaksin penuh, menurut Pusat Operasi Komando Nasional, yang mengawasi respons pandemi.

Pakistan terutama menggunakan vaksin China - Sinopharm, CanSinoBio dan Sinovac - dalam upaya inokulasinya dan, awal bulan ini mulai mengizinkan mereka yang berusia di bawah 40 tahun untuk menerima AstraZeneca, yang persediaannya terbatas untuk orang-orang yang bepergian ke negara-negara yang membutuhkannya.

Awal bulan ini Pakistan menyetujui pengeluaran $ 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun untuk pengadaan vaksin, bagian dari tujuannya untuk menyuntik setidaknya 70 juta orang.

Pakistan telah mendaftarkan total 949.838 kasus dan 22.034 kematian. Pada hari Senin, 663 infeksi baru dan 27 kematian dilaporkan.

Sumber : Reuters

Baca juga: Pakistan izinkan vaksin AstraZeneca untuk usia di bawah 40 tahun
Baca juga: Pakistan telah berikan 10 juta dosis vaksin COVID-19 untuk warga

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021