KRI Teluk Ratai segera ditarik ke Pariaman untuk dijadikan monumen

KRI Teluk Ratai segera ditarik ke Pariaman untuk dijadikan monumen

Asisten I Setda Kota Pariaman, Sumbar Yaminu Rizal. Antarasumbar/Aadiaat M. S. 

TNI AL segera memproses administrasi kapal tersebut dan kami pun juga segera memprosesnya
Pariaman (ANTARA) - Kapal perang bekas KRI Teluk Ratai-509 yang dihibahkan oleh TNI Angkatan Laut (AL) untuk Kota Pariaman, Sumatera Barat segera dibawa ke kota tabuik ini dengan cara ditarik menggunakan kapal lainnya.

"TNI AL segera memproses administrasi kapal tersebut dan kami pun juga segera memprosesnya supaya cepat sampai di Kota Pariaman," kata Asisten I Setda Kota Pariaman Yaminu Rizal, usai rapat pembahasan secara virtual melalui konferensi video dengan pihak Markas Besar Angkatan Laut, di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dengan dibawanya kapal tersebut ke Pariaman, maka perlu dibuatkan rincian anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dia menyampaikan bahwa kapal tersebut akan dijadikan sebagai monumen dan museum maritim dari TNI AL di Kota Pariaman, sehingga menjadi sarana edukasi dan destinasi di daerah itu.

“Kami berharap dengan dihibahkannya kapal perang tersebut, segera pula hendaknya kapal perang tersebut bersandar di Kota Pariaman," katanya pula.

Karena itu, ia menegaskan Pemerintah Kota Pariaman sedikit pun tidak ragu menjalin kerja sama dengan TNI AL dalam hal mendatangkan kapal perang dan menjadikannya monumen dan museum di daerah itu.

Pihaknya berharap dukungan semua pihak di Kota Pariaman agar kapal tersebut segera tiba, sehingga menjadi sarana edukasi dan destinasi wisata baru di daerah itu.

Sebelumnya, kapal hibah dari TNI AL untuk Kota Pariaman yaitu KRI Teluk Ratai-509 akan diletakkan di Pantai Pauh atau di belakang GOR Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah sebagai museum kapal perang.

"Sekarang kami sedang memikirkan teknik membawa kapal itu ke Kota Pariaman sambil menunggu administrasi hibah selesai," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menyampaikan informasi itu kepada DPRD Pariaman pada penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020 dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Kantor DPRD Pariaman.

Ia mengatakan saat ini administrasi hibah kapal tersebut telah sampai ke Menteri Pertahanan yang nantinya dilanjutkan ke Menteri Keuangan.

Dia menyampaikan dengan adanya kapal tersebut sebagai museum angkatan laut, maka akan dapat menambah daya tarik wisata di Kota Pariaman.
Baca juga: Status Pangkalan TNI AL Sangatta akan ditingkatkan
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub Sumbar imbau masyarakat tidak ragukan vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar