Beasiswa ADik ditargetkan bisa memperluas akses pendidikan anak Papua

Beasiswa ADik ditargetkan bisa memperluas akses pendidikan anak Papua

Arsip Foto. Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ainun Na’im. (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyediakan beasiswa  Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk memperluas akses menempuh pendidikan tinggi bagi anak-anak di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Beasiswa ADik Papua, Papua Barat, dan daerah 3T bertujuan untuk meningkatkan pemerataan melalui peningkatan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi mahasiswa dari daerah khusus berdasarkan kondisi geografis dan anak TKI,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ainun Nai’m di Jakarta, Selasa.

Beasiswa ADik juga mencakup bantuan untuk mendukung kelangsungan studi penyandang disabilitas dan pelajar yang berada di daerah yang sedang mengalami kondisi darurat di perguruan tinggi.

Ainun mengatakan bahwa beasiswa ADik melengkapi Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Pelajar yang kesulitan mengakses pendidikan tinggi karena tidak tercakup dalam Program KIP Kuliah bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ADik.

Ia menjelaskan pula bahwa membangun sumber daya manusia di Papua merupakan bagian investasi pemerintah untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju.

"Menghadirkan kemajuan di Papua harus dimulai dari memajukan kualitas pendidikannya. Untuk itu, konstruksi pendidikan yang berkualitas wajib ada dan bisa diakses oleh seluruh saudara di Papua dan Papua Barat,” katanya.

Bantuan beasiswa ADik tahun 2021 mencakup pelajar asal Papua dan Papua Barat yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah maupun yang mendaftar secara mandiri.

Baca juga:
Penerima beasiswa ADik Papua capai 4.386 mahasiswa
Pemerintah berikan beasiswa afirmasi untuk mahasiswa Papua


Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

2.199 siswa madrasah di Aceh Barat mulai terima beasiswa PIP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar