Billie Eilish minta maaf atas ucapan rasis di video lawas

Billie Eilish minta maaf atas ucapan rasis di video lawas

Billie Eilish di Brit Awards, O2 Arena, London, Inggris, 18 Februari 2020 (REUTERS/SIMON DAWSON)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Billie Eilish minta maaf setelah muncul video lawas yang memperlihatkan dia melontarkan ucapan rasis dan bicara dengan aksen bertahun-tahun lalu.

Dalam unggahan di Instagram, pemenang Grammy itu mengatakan dia merasa "kaget dan malu" melihat video itu, yang dibuat ketika dia berusia 14 tahun.

"Saya kaget dan malu dan ingin muntah karena saya pernah menyebutkan kata itu," kata penyanyi 19 tahun itu, dikutip dari Reuters.

"Lagu ini adalah pertama kalinya saya mendengar kata itu karena keluarga saya tak pernah mengucapkannya. Terlepas dari ketidaktahuan dan usia saya waktu itu, tidak bisa dipungkiri hal tersebut menyakitkan. Dan untuk itu saya minta maaf," kata dia.

Baca juga: "Bad Guy" Billie Eilish lampaui 1 miliar penayangan di YouTube

Baca juga: Post Malone pimpin nominasi Billboard Music Awards


Video kompilasi yang dibagikan di TikTok bulan ini juga memperlihatkan cuplikan saat gaya bicara yang menurut Billie adalah suaranya yang dibuat konyol, kebiasaan yang dilakukan sejak kecil ketika bicara kepada hewan peliharaan, teman dan keluarga.

"Itu...sama sekali bukan meniru seseorang atau bahasa, aksen atau budaya tertentu," katanya. "Semua orang yang mengenalku pasti pernah melihat saya bercanda bicara seperti itu. Terlepas dari bagaimana itu diiterpretasikan, saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun."

Menyusul serentetan serangan terhadap masyarakat Asia-Amerika sejak awal pandemi COVID-19, Presiden AS Joe Biden bulan lalu menandatangani Undang-Undang Kejahatan Kebencian COVID-19.

"Saya dilabeli sebagai orang yang bukan diri saya sebenarnya," kata Eilish, menambahkan bahwa dia berkomentar tentang video klip setelah penggemar memintanya untuk merespons.

"Saya ... selalu bekerja keras menggunakan platform saya untuk memperjuangkan inklusi, kebaikan, toleransi, dan kesetaraan," kata dia.


Baca juga: Intip kehidupan Billie Eilish lewat buku barunya

Baca juga: Olivia Rodrigo rilis "Good 4 U" jelang peluncuran album debut "Sour"

Baca juga: Billie Eilish kembali lewat lagu dan video musik "Your Power"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar