Jakarta (ANTARA) - Bagi suami istri yang sama-sama bekerja, mengurus rumah tangga tanpa asisten rumah tangga (ART) merupakan tantangan tersendiri. Ayah maupun bunda memang bisa terbantu dengan adanya ART karena tidak usah pusing melakukan pekerjaan seperti menyapu, mengepel, ataupun mencuci baju.

Namun tanpa menggunakan jasa ART, ayah dan bunda bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk operasional di rumah. Berikut lima tips untuk ayah dan bunda yang bekerja tapi ingin tetap mengurus rumah tangganya tanpa ART, mengutip siaran pers dari Grab, Selasa:

Baca juga: Produk elektronik kekinian agar tak perlu pusing urus rumah

1.Belanja bulanan daring
 
Ilustrasi belanja kebutuhan bulanan daring. (Pexels)


Belanja bulanan daring menjadi solusi pertama yang bisa dilakukan keluarga tanpa ART. Jika dengan ART, biasanya kegiatan belanja keperluan sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan menggunakan jasa aplikasi daring untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, anda sudah bisa mengganti keberadaan ART dalam hal menyediakan keperluan di rumah.

Jangan lupa cek bagian promosi di aplikasi belanja daring agar dapat lebih menghemat pengeluaran dengan potongan atau penawaran lainnya.

Berberlanja daring juga menjadi salah satu cara tetap menjaga jarak dari kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Alasan para ayah enggan bantu urus anak meski di rumah

2. Bagi-bagi tugas

Jangan lupa melakukan manajemen pembagian tugas sehingga tidak hanya satu pihak yang mengurus keperluan rumah tangga, tapi keduanya ikut terlibat dalam menata rumah tangga.

Tidak hanya pasangan, tugas rumah tangga juga perlu dibagi kepada anak jika keluarga sudah memiliki anak. Jangan lupa juga berikan penghargaan untuk anak yang sudah dengan tepat mengerjakan tugasnya membantu menata rumah.

3. Pakai jasa laundry kiloan

Bagi pasangan pekerja kantoran, opsi menggunakan jasa laundry kiloan bisa mempermudah urusan menyuci dan menyetrika. Jika memungkinkan, pilih jasa laundry yang menghadirkan layanan antar jemput.

Baca juga: Tak harus jalan-jalan, coba kegiatan ini di rumah saat liburan panjang

Meski demikian, jangan lupa untuk memastikan seluruh cucian yang kita titip di jasa cuci baju itu kembali dengan utuh, bersih, dan rapih dalam jumlah yang sama seperti saat diberikan ke tempat mencuci.

4. Pakai teknologi robot sapu
Ilustrasi "vacuum cleaner robot". (Pexels)


Di era kecanggihan teknologi, pekerjaan menyapu atau pun mengepel rupanya bisa dihibahkan kepada vacuum cleaner robot. Perangkat yang umumnya dibekali kecerdasan buatan itu bisa bekerja secara otomatis setelah diatur oleh pemiliknya pada saat pemiliknya bekerja di luar rumah atau pun pada saat semua orang di rumah tertidur.

Tambahan lainnya, robot sapu itu bisa menjadi teman bermain bagi anda yang memiliki peliharaan seperti kucing atau pun anjing.

5.Pakai jasa cleaning service

Jasa cleaning service bisa anda gunakan jika anda merasakan benar- benar perlu melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh. Saat ini sudah banyak penyedia jasa cleaning service termasuk di aplikasi-aplikasi daring.

Selain dapat nyaman beristirahat, menggunakan jasa cleaning service juga memberikan waktu luang tambahan untuk melakukan hobi atau pun menghabiskan waktu bersama anak yang terlewatkan saat bekerja.

Baca juga: Bakar kalori di rumah? Coba beberapa pekerjaan rumah berikut

Baca juga: Ini pekerjaan rumah yang paling merusak hubungan percintaan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021