Jakarta (ANTARA News) - Bagi orang Indonesia rempah-rempah merupakan bumbu utama dalam masakan nusantara. Namun rempah-rempah tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kita.

Divya Gugnani, penulis buku "Sexy Women Eat: Secrets to Eating What You Want and Still Looking Fabulous" memberi tips rempah-rempah apa saja yang harus ada di dapur anda, seperti dikutip dari Self.

Cabe
Paprika, cabe bubuk dan cabe rawit untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan rempah-rempah ini bisa menambah selera makan dan meningkatkan metabolisme.

Kunyit
Bukti baru menunjukkan bahwa kunyit menghambat sel kanker dan bisa mencegah Alzheimer.

Jahe
Jahe bermanfaat untuk menghilangkan sakit kepala. Rempah-rempah ini terbukti mengurangi mual, radang sendi dan migrain. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh jahe atau wedang jahe.

Kayu manis
Tidak hanya menghangatkan tubuh, dan memberi aroma pada makanan atau minuman, kayu manis juga mengandung anti oksidan. Faktanya, satu sendok teh kayu manis memiliki anti oksidan setara dengan secangkir sari buah delima. Kayu manis juga mengandung senyawa folifenol, yang bisa menjaga gula darah terkontrol.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010