Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Finlandia dipastikan harus angkat koper dari Euro 2020 setelah terdepak dari persaingan peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup turnamen.

Finlandia di laga terakhirnya menelan kekalahan 0-2 kontra Belgia pada Selasa dini hari dan tim debutan turnamen itu finis di posisi ketiga Grup B dengan raihan tiga poin serta selisih gol defisit dua.

Baca juga: Belgia sempurnakan perjalanan fase grup dengan bekuk Finlandia 2-0
Baca juga: Finlandia tundukkan Denmark 1-0 setelah Christian Eriksen kolaps


Sayangnya harapan mereka hanya bertahan kurang dari 24 jam, sebab kemudian di putaran terakhir Grup D Inggris mengalahkan Republik Ceko 1-0 dan Kroasia menang 3-1 atas Skotlandia.

Hasil itu membuat Ceko berakhir menempati peringkat ketiga Grup D dengan raihan empat poin dan Finlandia terdepak dari jajaran empat tim peringkat ketiga terbaik, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Sterling cetak gol lagi, Inggris kalahkan Ceko untuk juarai Grup D
Baca juga: Kroasia lolos selaku runner-up Grup D seusai bungkam Skotlandia 3-1


Ceko yang punya empat poin dan selisih gol surplus satu kini jadi tim teratas di klasemen tim peringkat ketiga, di atas Swiss yang finis di urutan ketiga Grup A tapi sudah lebih dulu lolos karena hasil pertandingan Grup B dan C.

Ukraina, yang finis di urutan ketiga Grup C dengan raihan tiga poin serta selisih gol defisit satu (4-5) terancam mengikuti jejak Finlandia bila mana di Grup E dan F tim peringkat ketiganya punya raihan lebih baik.

Baca juga: Hasil laga Grup B dan C membuat Swiss dinyatakan ke-16 besar
Baca juga: Kondisi Thomas Mueller masih tanda tanya jelang Jerman vs Hungaria
Baca juga: Lebih dari 60.000 fans diizinkan tonton semifinal dan final di Wembley

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021