Jakarta (ANTARA) - LG Electronics Inc. pada Selasa memperkenalkan detektor sinar-X digital (DXD) dengan solusi kecerdasan buatan (AI) sebagai upaya memperluas kehadiran di bidang peralatan medis.

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, Rabu, DXD terbaru LG diperkenalkan di Arab Health 2021, pameran peralatan medis terbesar di Timur Tengah, yang akan berlangsung hingga Kamis di Dubai.

Perusahaan berencana untuk meluncurkan DXD barunya di pasar global, termasuk Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Produk ini terdiri dari perangkat keras DXD dan perangkat lunak pencitraan. Pelanggan dapat membelinya secara terpisah atau membelinya sebagai satu paket.

Perangkat lunaknya memanfaatkan solusi AI medis dari startup Korea Selatan VUNO Inc. yang dapat mendeteksi tanda-tanda abnormal pada rontgen dada dan membantu analisis gambar.

Ini adalah pertama kalinya LG memutuskan untuk menggunakan teknologi AI untuk DXD-nya, yang dapat membuat file digital gambar sinar-X dan langsung mengirimkannya ke komputer untuk pemeriksaan dokter.

DXD terbaru juga menggunakan panel transistor film tipis berbasis oksida untuk mengurangi paparan radiasi sinar-X, kata LG.

Sejak 2016, LG telah mencoba meningkatkan daya saingnya dalam bisnis peralatan pencitraan diagnostik dengan solusi TI.

Menurut peneliti pasar Omdia, pasar DXD medis global diperkirakan akan tumbuh menjadi 2,53 miliar dollar AS pada 2024 dari 1,95 miliar dollar AS pada 2020.


Baca juga: Tesla miliki rencana hadirkan festival Hari AI selama sebulan

Baca juga: Microsoft ingin beli perusahaan yang bantu Apple Siri

Baca juga: Facebook latih AI dengan video publik

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021