Jakarta (ANTARA News) - Voni Darlina akan ditantang rekannya asal Indonesia, Aldila Sutiadji, pada babak kedua turnamen tenis Sportama International ITF Women`s Circuit di lapangan tenis di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (30/9).

Voni lolos ke babak kedua dengan menundukkan unggulan keenam dari China, Sirui HE, sementara Aldila menang telak 6-1, 6-2 atas Nadya Syarifah, Rabu.

Voni dan Aldila tampil di babak utama turnamen ini setelah mendapat wild card atau hak istimewa tanpa melalui babak kualifikasi. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada turnamen Piala Gubernur DKI di Jakarta, April lalu, dimenangi Voni 1-6, 6-3, 6-4.

Pertandingan hari Rabu sempat terhenti hujan sekitar pukul 13.00 WIB.

Hujan yang cukup deras ini berlangsung setengah jam. Seusai hujan, matahari kembali bersinar cerah sehingga sangat membantu upaya petugas mengeringkan lapangan pertandingan. Pertandingan dilanjutkan pukul 14.30 dengan menampilkan delapan partai ganda.

Menanggapi sukses Voni menyisihkan unggulan keenam tersebut Direktur Turnamen Teddy Tandjung menyatakan seharusnya lebih banyak pemain yang mengikuti jejak Voni.

"Turnamen ini diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada para pemain kita menambah poin guna memperbaiki peringkat dunia mereka. Kami berharap akan lebih banyak Voni lainnya yang dapat memanfaatkan turnamen ini semaksimal mungkin," tutur Teddy yang juga mantan petenis nasional era 1990-an ini.

Dijelaskan oleh Teddy bahwa turnamen ini memberi kesempatan yang baik bagi petenis Indonesia untuk meningkatkan kualitas, terutama pemain junior. Dengan mengalahkan petenis unggulan, apalagi petenis asing, kepercayaan diri mereka terbangun dan mereka akan semakin matang.

"Kepercayaan diri, kematangan, dan poin itu menjadi modal yang sangat baik untuk mengikuti turnamen internasional lainnya. Pemain seperti Rafael Nadal dan Roger Federer juga mengawali kariernya dengan fase-fase seperti ini," Teddy menambahkan.

Sementara itu pada pertandingan nomor ganda, pasangan Majoly de Wilde/Stefanie Tan (Belgia/Singapura) menang 6-2, 6-0 Prerna Bhambri/Shweta Rana (India).

Dengan hasil ini De Wilde/Tan maju ke babak semifinal menghadapi pemenang pertandingan unggulan kedua Michika Ozeki/Maya Wakui (Jepang) vs Peangthan Pliphuech/Laili Rahmawati Ulfa (Thailand/Indonesia). Saat berita ini diturunkan pertandingan kedua pasangan sedang berlangsung.

(ANT-133/T009/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010