Jakarta (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Undestanding (MoU) dengan PT Tani Supply Indonesia, bagian dari TaniHub Group, dalam rangka memperkuat pelaku UMKM.

"Sinergi antara BGR Logistics dengan TaniHub ini yang dapat memberikan nilai tambah kepada kedua belah pihak dan juga manfaat langsung kepada masyarakat serta pelaku UMKM di Indonesia," ujar Direktur BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu.

Menurut Kuncoro, MoU yang telah ditandatangani merupakan Langkah konkret untuk melanjutkan ke perjanjian kerja sama secara lebih mendetail yang akan ditandatangani TaniHub Group dan BGR Logistics dalam waktu dekat.

Baca juga: BGR berencana untuk memperluas jangkauan dan peran Warung Pangan

“Kami melihat TaniHub Group banyak bermain di produk fresh, sedangkan kami sebagai “Beyond Digital Logistics Company”, juga memiliki cold storage serta kebutuhan Gudang lainnya yang dapat dimanfaatkan bersama, sehingga nanti bisa dikerjasamakan di situ,” katanya.

Dalam kolaborasi ini, kedua belah pihak sepakat untuk bersama-sama melakukan pengembangan usaha dan bisnis terkait pergudangan, teknologi logistik, dan armada serta memperkuat layanan Warung Pangan BGR Logistics serta layanan dari TaniHub Group.

Nota kesepahaman ditandatangani langsung oleh Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo, dan Chief Operating Officer TaniHub Group sekaligus Direktur PT Tani Supply Indonesia Sariyo. Didampingi oleh Direktur Komerisal BGR Logistics Budi Susanto, Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno, serta Director of Corporate Affair PT Tani Supply Indonesia Astri Purnamasari.

Baca juga: BGR sebut kolaborasi riset dan pengembangan SDM dorong efisiensi

Salah satu inisiatif utama yang juga akan dikolaborasikan adalah penguatan aplikasi TaniHub dan Warung Pangan. Sebagai informasi, aplikasi Warung Pangan diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN, dikembangkan oleh BGR Logistics dan bekerja sama dengan BUMN Klaster Pangan serta supplier-suplier prokuk pangan lokal Indonesia, saat ini sudah memiliki lebih dari 30.000 mitra yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Bangka Belitung.

TaniHub Group akan memasok Warung Pangan dengan produk fresh dan produk pangan lainnya, serta layananb TaniFund dapat membiayai UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan dengan skema hamper sama dengan fitur WP Fund dan WP Asik milik BGR Logistics yang ada di Warung Pangan.

Chief Operating Officer TaniHub Group sekaligus Direktur PT Tani Supply Indonesia Sariyo mengatakan bahwa kolaborasi ini menunjukkan kesiapan TaniHub Group untuk hadir secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan kolaborasi ini, TaniHub Group maupun BGR Logistics dapat mempercepat realisasi atas strategi bisnis masing-masing Perusahaan dengan saling bersinergi sesuai dengan kekuatan yang dimiliki kedua belah pihak.

"Memperluas jangkauan layanan dan mempercepat rantai pasokan menjadi salah satu fokus utama kami. Dengan kehadiran TaniHub Group di berbagai wilayah Indonesia dan semakin dekat dengan petani dan masyarakat, kami yakin akan adanya pengurangan disparitas harga antara petani dan konsumen. Pada akhirnya juga akan memperluas dampak sosial kami, apalagi dengan berkolaborasi bersama BGR Logistics ini akan membantu kami untuk merealisasikan hal itu, ujar Sariyo.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021