Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2020 seusai meredam perlawanan Hongaria dan mengimbangi lawannya dengan skor 2-2 dalam laga pemungkas Grup F di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hongaria sempat memberi kejutan melalui Adam Szalai dan setelah Kai Havertz menyamakan kedudukan mereka kembali memimpin lewat Roland Sallai.

Leon Goretzka menjadi pahlawan kelolosan Jerman lewat golnya enam menit jelang bubaran waktu normal yang membuat kedudukan imbang.

Dengan hasil tersebut, Jerman finis sebagai runner-up Grup F mendampingi Prancis yang sejak sebelum memainkan putaran pemungkas sudah lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Hongaria yang nyaris menciptakan kisah upik abu dramatis berakhir tetap di dasar klasemen Grup F dengan raihan dua poin, persis dua poin di bawah Portugal, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Preview Euro 2020: Jerman vs Hungaria
Baca juga: Kondisi Thomas Mueller masih tanda tanya jelang Jerman vs Hungaria


Jerman yang cuma butuh hasil imbang untuk lolos dan di atas kertas punya segalanya untuk melakukan itu dikejutkan ketika gawang mereka dibobol oleh Szalai saat laga baru berjalan 11 menit.

Banyak menguasai bola, Jerman kecolongan di areanya sendiri dan Roland Sallai mengirimkan umpan silang akurat dari jarak jauh yang disambut sundulan apik Szalai demi memperdaya kiper Manuel Neuer dan membawa Hongaria memimpin.

Jerman berusaha memberi respon instan tapi sayang Leroy Sane terjebak offside saat Ilkay Gundogan mengirim umpan terobosan.

Pada menit ke-21, Jerman nyaris membuat kedudukan imbang melalui situasi sepak pojok yang dikirimkan dengan baik oleh Joshua Kimmich, sayang sundulan Mats Hummels masih membentur mistar gawang.

Bola masih hidup dan dikirimkan kembali ke dalam kotak penalti di mana Matthias Ginter menyambutnya dengan tembakan voli, tapi arahnya masih terlalu lurus ke pelukan kiper Peter Gulacsi.

Baca juga: Hungaria butuh strategi pertahanan sempurna melawan Jerman
Baca juga: Empat pemain Jerman cedera, mungkin absen lawan Hungaria


Keunggulan 1-0 mampu dipertahankan Hongaria hingga turun minum dan pada menit ke-62 Sallai nyaris menggandakannya lewat eksekusi tendangan bebas yang mampu melewati pagar hidup Jerman, sayang bola masih membentur tiang gawang.

Empat menit berselang publik tuan rumah bersorak riang sebab Havertz mampu menjebol gawang Hongaria untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Berawal dari sepak pojok Kimmich yang gagal ditinju Gulacsi, sundulan Hummels membentur beberapa pemain di dalam kotak penalti Hongaria tapi bola jatuh di hadapan Havertz yang tinggal menanduknya ke dalam gawang.

Sayangnya, sorak sorai pendukung Jerman kembali dibungkam sebab dari situasi sepak lanjut gol tuan rumah, Hongaria mampu segera mencetak gol balasan lagi untuk merestorasi keunggulan.

Szalai mengirimkan bola lambung yang mampu dikejar Schafer untuk menanduknya di hadapan Neuer yang sudah tak berkutik. Hongaria dua, Jerman satu pada menit ke-68.

Kendati dalam kondisi terjepit, Jerman terus berusaha tampil tenang dan hasilnya pada menit ke-84 Goretzka mampu menjebol Hongaria untuk membuat kedudukan imbang lagi 2-2.

Berawal dari tembakan Timo Werner yang dihadang barisan pertahanan Hongaria, bola muntah disambar oleh Goretzka untuk menaklukkan Gulacsi.

Sejak gol itu, Jerman semakin percaya diri mengendalikan bola hingga menjaga skor 2-2 sampai peluit terdengar.

Jerman yang lolos sebagai runner-up Grup F bakal bertemu musuh bakal melawat ke Wembley menghadapi Inggris dalam babak 16 besar pada Selasa (29/6).

Baca juga: Ringkasan Grup E: Spanyol hanya jadi runner-up di bawah Swedia
Baca juga: Austria keluhkan laga 16 besar lawan Italia harus dimainkan di Wembley
Baca juga: Alami cedera, Belanda dipastikan tanpa Luuk de Jong di sisa Euro 2020
Baca juga: Luka Modric menyatukan skuad Kroasia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021