Kementerian Investasi dorong kemitraan investasi hulu migas

Kementerian Investasi dorong kemitraan investasi hulu migas

Staf Ahli Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Heldy Satrya Putera dalam Workshop Peningkatan Daya Saing Usaha Nasional 2021 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (23/6/2021). (ANTARA/HO BPP Hipmi)

Kita dorong kemitraan di sektor hulu migas ini dengan melibatkan pengusaha lokal dan daerah,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendorong kemitraan dengan pengusaha lokal dan daerah di sektor hulu migas di tengah melandainya aliran investasi global.

Untuk itu, Kementerian Investasi/BKPM menggandeng SKK Migas dengan mengadakan workshop dalam rangka mendorong peningkatan realisasi investasi di sektor hulu migas.

"Kementerian Investasi dan SKK Migas melalui workshop ini diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi Indonesia ke depannya. Kita dorong kemitraan di sektor hulu migas ini dengan melibatkan pengusaha lokal dan daerah," kata Staf Ahli Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Heldy Satrya Putera dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dalam Workshop Peningkatan Daya Saing Usaha Nasional 2021 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (23/6), itu, turut hadir perwakilan pemerintah daerah, Satgas Energi Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), HIPMI Badan Pengurus Daerah (BPD) Jawa Timur, Kadin Jatim dan seluruh asosiasi dunia usaha lainnya.

"Kami melihat SKK Migas berupaya untuk meningkatkan produksinya dengan nilai 1 juta barel per hari, untuk mencapai target ini bukan perkara yang mudah tentunya. Oleh sebab itu Kementerian Investasi/BKPM melihat seluruh potensi yang ada di Indonesia harus dilibatkan, terutama adalah pengusaha-pengusaha daerah. Disini hadir juga dari HIPMI, Kadin dan asosiasi usaha lainnya di Jawa Timur untuk bisa sinergi dan partisipasi dalam sektor hulu migas," jelas Heldy.

Ia menuturkan, dengan melibatkan berbagai pihak dari pemerintah hingga pengusaha daerah, diharapkan akan membawa pemerataan ekonomi bukan hanya dari sektor migas melainkan banyaknya potensi yang Indonesia miliki untuk bisa meningkatkan investasi Indonesia yang akhirnya memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Dalam workshop ini kita akan melihat peluang-peluang usaha yang ada di sektor hulu migas, dan melalui workshop ini pula kita dapat mengetahui prosedur pengadaan barang dan jasa serta proses tender dalam kegiatan SKK Migas, serta bagaimana dukungan perbankan untuk kegiatan-kegiatan di sektor hulu migas," katanya.

Kementerian Investasi/BKPM juga telah bekerjasama dengan Bank BNI sebagai dukungan perbankan bagi pengusaha lokal.


Baca juga: Menteri ESDM: Perlu kebijakan fiskal menarik investasi hulu migas

Baca juga: Pemerintah cari solusi atasi tantangan tarik investasi hulu migas

Baca juga: Pemerintah siapkan stimulus percepat proyek hulu migas laut dalam

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kementerian ESDM andalkan keterbukaan informasi guna percepat investasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar