Saya pikir seluruh pengalaman Wimbledon adalah sesuatu yang ajaib karena kita tahu aturannya cukup ketat, dan tahun ini akan lebih ketat dengan semua protokol yang harus diikuti
Jakarta (ANTARA) - Panitia pelaksana Wimbledon mengumumkan bahwa penonton akan diizinkan datang ke turnamen Grand Slam lapangan rumput di London dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Mantan petenis asal Amerika Serikat John McEnroe menilai pembukaan kembali Wimbledon adalah kabar menggembirakan yang sangat dinantikan pemain dan penggemar di seluruh dunia, setelah pandemi COVID-19 memaksa agenda itu dibatalkan untuk pertama kalinya dalam 75 tahun terakhir.

"Ketika Wimbledon dibatalkan tahun lalu, itu bagaikan pukulan keras bagi olahraga kami. Benar-benar momen yang mengerikan. Pelaksanaan kembali tahun ini sungguh hal yang luar biasa," kata pemenang tiga gelar Wimbledon itu, demikian laporan Reuters, Kamis.

Baca juga: Final Wimbledon akan disaksikan penonton dengan kapasitas penuh

Wimbledon menjadi salah satu contoh ajang olahraga yang mendapat persetujuan pemerintah dengan diizinkannya kehadiran penonton. Meski begitu, panitia menekankan untuk menjaga jarak sosial. Penonton juga dibatasi hanya 50 persen, dan baru dibolehkan dengan kapasitas penuh yang mencapai 15.000 orang pada babak final putra dan putri.

Selain itu, penonton yang sudah membeli tiket juga diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi, uji COVID-19 yang negatif atau surat bukti sembuh total dari virus, dan tetap mengenakan masker saat bergerak di sekitar area.

Tidak hanya menjadi kabar yang menggembirakan bagi kalangan penggemar, keputusan ini juga memancing reaksi positif dari bintang tenis.

Baca juga: Hadiah Wimbledon 2021 dipangkas lebih dari lima persen

"Ini akan menjadi acara yang luar biasa, ini Augusta National kami dengan betapa hijaunya ini, seberapa banyak turnamen tersebut. Semua orang akan menantikan untuk kembali ke sana," kata petenis Amerika Serikat John Isner.

Elina Svitolina dari Ukraina, semifinalis 2019, juga sepakat bahwa turnamen mayor lapangan rumput tahun ini tak boleh dilewatkan begitu saja.

"Saya pikir seluruh pengalaman Wimbledon adalah sesuatu yang ajaib karena kita tahu aturannya cukup ketat, dan tahun ini akan lebih ketat dengan semua protokol yang harus diikuti. Tapi ini tempat yang bersejarah, sehingga kehadiran penggemar akan melengkapi pengalaman bertanding di sini," kata Svitolina.

Baca juga: Nadal mundur dari Wimbledon dan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Naomi Osaka absen di Wimbledon, fokus ke Olimpiade Tokyo
Baca juga: Raonic mundur dari Wimbledon karena cedera betis

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021