Kita percaya bahwa teman-teman di provinsi maupun teman-teman di kabupaten dan kota itu sudah berjalan dan juga sudah menyiapkan pelaksanaan PON dengan baik
Jayapura (ANTARA) - Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) melakukan kunjungan ke Kabupaten Jayapura serta menemui Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk berkoordinasi persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas 2021 Papua.

"Kami sampaikan kunjungan ini bertujuan untuk koordinasi agar ada percepatan dan juga persiapan maksimal dalam penyelenggaraan PON XX 2021," kata Tenaga Ahli Madya di Kedeputian V KSP Mufti Makarimal Akhlaq usai pertemuan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani melalui laman daerah, Kamis.

Ia mengatakan, kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada Ratas persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 pada 15 Maret 2021.

Baca juga: KSP: PON Papua bukti komitmen pembangunan Indonesia-sentris

Pada kunjungan Deputi V kali ini, Mufti Makarimal menyambut baik berbagai perkembangan positif yang disampaikan oleh pihak Pemkab Jayapura dalam hal ini Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura.

Dia juga meyakini pihak PB PON XX Papua dan Sub PB PON XX di empat klaster itu sudah mempersiapkan pelaksanaan event olahraga terakbar di Indonesia ini dengan baik.

"Kita percaya bahwa teman-teman di provinsi maupun teman-teman di kabupaten dan kota itu sudah berjalan dan juga sudah menyiapkan pelaksanaan PON dengan baik. Nah, kita ingin dalam proses penyiapan ini kalau ada hal-hal yang memang perlu dikoordinasikan maupun dikomunikasikan, kita bisa melaksanakan itu dengan baik," harapnya.

Mufti menambahkan, kehadiran Deputi V di Papua khususnya di Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura juga sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KSP, siap memberikan penguatan.

Baca juga: KSP minta Pemprov Papua percepat vaksinasi empat klaster PON XX

"Seperti dengan tupoksinya KSP, tentu kita akan berikan penguatan untuk beberapa hal yang masih menjadi kekurangan dalam menghadapi penyelenggaraan PON XX Papua," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro menyampaikan paling tidak pihaknya bisa berkoordinasi terkait kesiapan Klaster Kabupaten Jayapura dalam rangka penyelenggaraan PON XX 2021.

"Jadi mana-mana saja venue-venue yang belum terselesaikan 100 persen itu harus dikejar ya, sebelum hari H sudah harus siap. Jangan sampai di hari H masih terjadi kendala-kendala. Makanya kita harus koordinasi, baik itu koordinasi ke provinsi maupun ke pusat. Supaya pas di hari H betul-betul sudah siap semua," tegasnya.

Baca juga: KSP temui Dewan Adat Papua koordinasi persiapan PON XX
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021