Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengapresiasi bantuan 10 ribu alat swab antigen dari perusahaan lokal PT Taishan Alkes Indonesia untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di masyarakat.

“Golkar sangat berterima kasih dengan adanya bantuan PT Taishan. Swab antigen sangat dibutuhkan masyarakat, sekaligus membantu pemerintah," kata Lodewijk saat menerima bantuan PT Taishan Alkes Indonesia kepada Yellow Clinic di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis.

Menurut Lodewijk, bantuan dari pihak swasta itu sangat dibutuhkan terkait dengan kondisi bangsa saat ini yang menghadapi pandemi COVID-19. Selain itu, saat ini Golkar telah membantu pemerintah terkait percepatan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat. Bantuan dan peran swasta sejalan dengan motto Partai Golkar, yakni Rakyat Sehat Ekonomi Bangkit.

Baca juga: Kosgoro 1957 bantu percepatan vaksinasi nasional

“Partai Golkar sudah melakukan delapan gelombang vaksinasi kepada masyarakat dan akan kita kembangkan testing penggunaan swab antigen bantuan dari PT Taishan Alkes Indonesia ini,” kata Lodewijk.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena menyambut baik bantuan berupa alat swab antigen COVID-19 yang diberikan kepada Yellow Clinic Partai Golkar dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Melki berharap sektor swasta melakukan hal serupa seperti yang dilakukan PT Taishan. Saat ini untuk swab antigen masih mahal sekitar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu sekali pemeriksaan.

"Dengan keberadaan PT Taishan Alkes Indonesia, kita harapkan harga bisa ditekan lebih murah. Sekali lagi terima kasih atas dukungannya semoga niat baik ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Melki.

Baca juga: Golkar harap pemerintah beri kepastian keamanan vaksin Covid-19

Sementara itu, Komisaris Utama PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan berharap penyerahan bantuan kepada Partai Golkar melalui Yellow Clinic ini dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan COVID-19.

“Semoga ini dapat membuka mata serta perhatian kita akan adanya produsen lokal yang ikut berperan secara proporsional dalam mendukung program Presiden Jokowi, untuk membeli produk lokal terlebih lagi dalam penanganan COVID-19,” kata Cahyadi.

Cahyadi mengatakan bantuan tahap awal itu diberikan kepada Partai Golkar sebagai partai yang sudah mengemban amanah rakyat yang saat ini dipimpin Airlangga Hartarto, sekaligus sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

“Di kesempatan selanjutnya kami akan memberikan bantuan dan memohon kesediaan Partai Golkar melalui Yellow Clini untuk dapat menerimanya,” kata Cahyadi.

Baca juga: Fraksi Golkar DPR serap aspirasi untuk revisi UU Pendidikan Dokter

PT Taishan Alkes Indonesia adalah produsen dalam negeri untuk produk Antigen Rapid Test Cassette yang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)-nya mencapai 48 persen.

PT Taishan sebagai produsen yang sudah membuka lapangan pekerjaan hingga 600 orang dengan kesanggupan produksi hingga mencapai 500.000 pieces per hari. Perusahaan dalam waktu dekat akan ekspansi pabrik dan menambah tenaga kerja hingga 1.000 orang agar ke depan daya produksi dapat ditingkatkan sampai 700.000 pieces per hari.

"Sehingga kami dapat menyanggupi kebutuhan dalam negeri dan ekspor ke luar negeri,” kata Cahyadi.

Selain itu, Kementerian Kesehatan memberikan dukungan melalui pemberian Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) dan Kementerian Perindustrian ikut memberikan penilaian yang sangat baik sehingga mendapatkan sertifikat TKDN 48 persen, ISO 9001, ISO 13485, dan CE.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021