Anies optimalkan 267 Posko PPKM kelurahan untuk tekan COVID-19

Anies optimalkan 267 Posko PPKM kelurahan untuk tekan COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga dari kanan) saat mengunjungi Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayanti.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengoptimalkan 267 Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro pada tingkat kelurahan untuk menekan laju kasus COVID-19.

"Jadi ada.276 kelurahan setiap kelurahan ada posko yang dijaga selama 24 jam," kata Anies saat meninjau Posko PPKM skala mikro di Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah  Jakarta Barat, Kamis.

Anies menyatakan, Posko PPKM skala mikro tersebut melibatkan empat unsur, yakni petugas medis, lurah, Babinsa dari TNI dan Bhabinkamtibmas dari Polri.

Anies mengungkapkan, Oosko PPKM skala mikro juga memiliki data kondisi wabah COVID-19 di wilayah tersebut dan tersedia informasi rumah, keluarga terpapar serta data perkembangan vaksinasi.

Posko tersebut memiliki pengendalian PPKM mikro dan kontrol untuk setiap rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT). "Tujuannya bila ada yang bergejala silakan datang ke Posko," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menjelaskan, warga yang menjalani isolasi mandiri maka petugas posko akan merespon cepat untuk membantu kebutuhan obat hingga pangan.

"Ada dukungan dari masyarakat dan pemerintah untuk warga yang keluarganya isolasi dan ada ukuran pencapaian vaksinasi sekaligus mobilisasi warga untuk pasien vaksinasi," ujar Anies.
Baca juga: Kasus baru COVID-19 di DKI Jakarta kembali capai rekor tertinggi
Baca juga: Tingkat keterisian tempat tidur RSPI Sulianti Saroso capai 96 persen

Pewarta: Taufik Ridwan dan Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar