MotoGP

VR46 resmi gandeng Ducati ramaikan MotoGP mulai tahun depan

VR46 resmi gandeng Ducati ramaikan MotoGP mulai tahun depan

Pebalap tim SKY VR46 Esponsorama Racing Luca Marini menjalani sesi kualifikasi pertama Grand Prix Doha, Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 3 April 2021. ANTARA/AFP/Karim Jaafar.

Jakarta (ANTARA) - Tim milik Valentino Rossi VR46 resmi akan meramaikan MotoGP mulai tahun depan setelah pada Kamis mengumumkan kemitraan bersama Aramco dan Ducati dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Tim yang bermarkas di Tavulia, Italia itu juga telah menyatakan komitmennya untuk turun di kelas premier lewat kontrak lima tahun dengan Dorna Sports.

Aramco Racing Team VR46 akan menjadi tim independen yang menggunakan dua motor pabrikan Borgo Panigale, tapi belum diungkapkan spesifikasi apa yang akan disediakan Ducati.

Pablo Nieto, saat ini manajer tim SKY Racing Team VR46 di Moto2 dan Moto3, akan dipromosikan ke tim MotoGP Valentino Rossi nantinya.

"Kami senang mengumumkan bahwa pada 2022 kami akan membalap di MotoGP dengan tim yang terdiri dari dua pebalap dengan berseragam VR46," kata Alessio Salucci dari Akademi Pebalap VR46 seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Suatu perjalanan yang dimulai sekira delapan tahun lalu dengan kelahiran Akademi Pebalap VR46... Capaian ini benar-benar memiliki makna yang unik."

Baca juga: Ducati hampir capai kesepakatan dengan VR46 

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menyambut baik kedatangan brand VR46 untuk meramaikan gelaran MotoGP tahun depan.

"Menyambut Tim VR46 ke kategori MotoGP pada 2022 menyenangkan, baik bagi para fan di seluruh dunia dan bagi paddock MotoGP yang diikuti oleh karier luar biasa Valentino Rossi dan pertumbuhan dari Akademi Pebalap VR46 sejak awal," kata Ezpeleta.

"Valentino akan terus menjadi bagian penting dari Kejuaraan Dunia FIM MotoGP dan sekarang, dengan timnya tiba di kelas MotoGP, warisan luar biasanya akan terus menginspirasi generasi baru pebalap dan fan."

Sementara itu Luigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, mengungkapkan salah satu yang mendorong kemitraan Ducati dengan VR46 adalah keberhasilan dan profesionalitas akademi pebalap itu dalam memberi kesempatan talenta muda untuk membalap di Moto2 dan Moto3.

"VR46 juga telah menunjukkan bahwa dia mampu secara kompeten mengatur tim yang sukses di Moto3 dan Moto2, dan oleh karena itu kami akan berjuang memberikan dukungan teknis maksimum kepada tim baru mereka di MotoGP," kata Dall'Igna.

Baca juga: VR46 tinggal tunggu konfirmasi sebagai tim resmi di MotoGP 2022 

Rossi, di usianya yang saat ini menginjak 42 tahun menjadi pebalap paling senior di grid MotoGP tahun ini.

Ia mendirikan Akademi Pebalap VR46 pada 2013 dan membantu melahirkan talenta-talenta muda, seperti Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia dan Luca Marini, yang ketiganya saat ini bertarung di kelas premier.

"Bagi saya, akan fantastis apabila Valentino Rossi bisa bertarung dalam beberapa tahun ke depan sebagai pebalap di Aramco Racing Team VR46 kami bersama adik (tiri) Luca Marini yang tahun ini telah berkompetisi dengan sponsor dari brand kami KSA New Cities, MAIC Technologies, TANAL Entertainment Sport&Media," kata HRH Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin Abdulaziz Al Saud.

Rossi, yang musim ini hasil finis terbaiknya baru di P10, akan memutuskan masa depannya di MotoGP saat jeda musim panas. 

Baca juga: Masa depan Rossi di MotoGP akan ditentukan ketika jeda musim panas 
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mengintip isi garasi BMW Motorrad Superbike Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar