Dirut: KAI akan terus berinovasi meskipun masih pandemi

Dirut: KAI akan terus berinovasi meskipun masih pandemi

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo saat memberi keterangan pers di atas KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung yang dijalankan perdana dari Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (25/6/2021) pagi.(ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan PT KAI (Persero) akan terus berinovasi meskipun hingga saat ini masih terjadi pandemi COVID-19.

"Inovasi kita lakukan terus, salah satunya percepatan waktu. Jadi waktu tempuh, kami sekarang sedang kaji untuk kami lakukan percepatan," katanya usai peresmian perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan percepatan waktu tempuh KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir yang semula 8 jam 42 menit, dipercepat menjadi 8 jam 30 menit.

Baca juga: Dirut KAI harapkan KA Baturraden Ekspres dongkrak wisata

Ke depan, kata dia, waktu tempuh KA Argo Bromo Anggrek tersebut akan dipercepat lagi, termasuk KA-KA yang melewati wilayah PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto juga akan dipercepat.

"Sehingga daya saing kereta api ke depan harapannya semakin lebih mempunyai nilai tambah, menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bertransportasi dengan nyaman, aman, dan sehat," katanya.

Disinggung mengenai hadirnya Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga (Banyumas Raya, red.), Didiek menilai hal itu menjadi satu penunjang bagi PT KAI (Persero).

"Artinya, kami di Kereta Api tidak khawatir karena harapannya masyarakat yang bertransportasi, nanti dalam kondisi new normal ini akan lebih bangkit lagi dan masing-masing moda transportasi pasti mempunyai keunggulan dan jadi preferensi bagi para pelanggan," katanya.

Baca juga: Jumlah penumpang KRL turun pada hari kedua PPKM

KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung yang menjalani perjalanan perdana pada hari Jumat (25/6), diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 WIB. Dalam perjalanannya, KA Baturraden Ekspress dijadwalkan akan berhenti di stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi, dan tiba di stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Sementara jadwal perjalanan KA Baturraden Ekspress relasi Bandung-Cikampek-Purwokerto, berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.30 WIB dan akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB.

Hadirnya KA Baturraden Ekspres dapat menjadi pilihan bagi pelanggan setia Kereta Api dari Purwokerto menuju Bandung dan sebaliknya yang selama ini hanya dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP.

Kendati demikian, KA Baturraden Ekspres yang terdiri atas dua kelas layanan, yakni kelas eksekutif dengan tarif Rp160.000 dan kelas bisnis dengan tarif Rp130.000, untuk sementara dijalankan pada tanggal 25 Juni, 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pendapatan berkurang, PT KAI kembangkan bisnis kuliner

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar