Perdamaian dan stabilitas Taiwan terhubung langsung ke Jepang dan kami memantau dengan cermat hubungan antara China dan Taiwan, serta aktivitas militer China
Bengaluru (ANTARA) - Keamanan Taiwan secara langsung terkait dengan keamanan Jepang, kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News.

"Perdamaian dan stabilitas Taiwan terhubung langsung ke Jepang dan kami memantau dengan cermat hubungan antara China dan Taiwan, serta aktivitas militer China," kata Kishi dalam wawancara dengan Bloomberg, Kamis.

"Ketika China memperkuat militernya, keseimbangannya dengan Taiwan sangat mengarah ke pihak China," ujarnya. Dia menambahkan bahwa kesenjangan antara Taiwan dan China semakin melebar setiap tahun.

Kishi pada awal Juni mengatakan kepada sub-komite keamanan dan pertahanan Parlemen Eropa bahwa China memperluas anggaran pertahanan nasionalnya secara besar-besaran.

"Masyarakat internasional harus datang dengan satu suara untuk mendekati China," katanya saat itu.

Sebuah kapal perang AS pekan ini berlayar melalui jalur perairan sensitif yang memisahkan Taiwan dari China -- Selat Taiwan, sepekan setelah Taiwan melaporkan 28 pesawat angkatan udara China, termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Ketegangan militer antara Taiwan dan China telah meningkat selama setahun terakhir, dengan Taipei mengeluhkan bahwa China berulang kali mengirim angkatan udaranya ke zona pertahanan udara Taiwan.

Sumber: Reuters


Baca juga: China kecam transit terbaru kapal perang AS di Selat Taiwan

Baca juga: Taiwan akan sesuaikan operasi kantor Hong Kong di isu "satu China"

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021