Jakarta (ANTARA) - Saham energi dan pertambangan memimpin FTSE 100 lebih tinggi pada Jumat didukung oleh harga komoditas yang lebih tinggi, menyiapkan indeks saham-saham unggulan itu untuk kenaikan mingguan menyusul dorongan dari kebijakan bank sentral yang dovish (rejim suku bunga rendah) di sesi sebelumnya.

Indeks acuan FTSE 100 naik 0,2 persen. Saham energi naik 1,02 persen, sementara penambang BHP Group, Anglo American dan Rio Tinto naik antara 0,4 persen dan 1,2 persen.

Bisnis bahan bangunan CRH termasuk di antara yang memperoleh kenaikan tertinggi di FTSE 100 setelah pialang Berenberg menaikkan target harga sahamnya.

Indeks kelompok saham kapitalisasi menengah yang fokus domestik turun 0,1 persen.

Saham perjalanan turun 0,4 persen bahkan ketika Inggris akan menerbitkan rencana untuk mengizinkan orang yang divaksinasi lengkap bepergian tanpa batas ke semua negara kecuali negara-negara dengan risiko COVID-19 tertinggi.

UDG Healthcare bertambah 0,9 persen setelah mengatakan perusahaan ekuitas swasta Clayton, Dubilier & Rice (CD&R) sedang mempertimbangkan untuk menaikkan tawarannya untuk membeli perusahaan perawatan kesehatan itu menjadi 1.080 pence per saham.
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021