Pengamat: AHY berpeluang maju Plpres 2024

Pengamat: AHY berpeluang maju Plpres 2024

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar (kiri), menyambut kedatangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (kanan), yang berkunjung ke Kantor DPP PKB, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi serta membahas kemungkinan koalisi di beberapa daerah dalam Pilkada serentak 2020 dan juga membahas soal kerja sama antar partai politik. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebak- (ANTARA) -
Pengamat politik dari Banten, Harits Hijrah Wicaksana, menyatakan, Agus Harimurti Yudhoyono berpeluang maju calon presiden atau calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024 jika membangun koalisi baru dengan partai-partai lain.
 
"Kita melihat momentum AHY sudah tepat menjalin komunikasi dengan Partai Kesejahteraan Sosial dan Partai Persatuan Pembangunan. Itu langkah positif AHY bermain di kancah elite politik nasional untuk membangun elektoral 2024, " kata Wicaksana, yang juga ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Setiabudhi Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat.

Baca juga: AHY dorong generasi muda majukan sektor pertanian Indonesia
 
Figur AHY harus bergerak cepat jika ingin bertarung pada Pilpres 2024 dengan membangun koalisi baru dengan partai-partai yang senada untuk membentuk poros baru dalam Pilpres mendatang.
 
Pertarungan Pilpres 2024 tentu sangat berkompetisi, sehingga AHY harus memiliki panggung untuk meraih prestasi hasil karya yang bisa dijual untuk kampanye.

Baca juga: Demokrat tanggapi tren elektabilitas AHY dan partai meningkat
 
Selama ini, kata dia, AHY belum memiliki panggung juga prestasi yang diraih, bahkan menjadi menteri pun tidak. Oleh karena itu, momentum AHY sangat tepat jika menjalin silaturahmi dengan partai yang senada untuk menyinergikan kemungkinan berkoalisi untuk membentuk poros baru pada Pilpres 2024.
 
Pembentukan poros baru itu, kata dia, dimungkinkan Pilpres 2024 diikuti tiga sampai empat pasangan calon presiden. Apabila Pilpres diikuti tiga sampai empat pasangan, tentu cukup menarik karena masyarakat bisa memilih alternatif pilihan.

Baca juga: AHY safari politik ke Bandung temui Kang Emil sampai warga Soreang
 
Selama ini, masyarakat sangat jenuh jika pasangan calon presiden diikuti dua pasangan itu. "Kami yakin peluang AHY bisa masuk poros baru sebagai RI Satu atau RI Dua," kata dia.
 
Menurut dia, Partai Demokrat jangan sampai menjadi penonton pada Pilpres 2024,sehingga harus membangun koalisi baru dengan partai lain.
 
Sebab, kata dia, jika Partai Demokrat menjadi penonton dipastikan partai-partai besar akan muncul dua pasangan pada Pilpres 2024.

Baca juga: AHY: Pemimpin dan ulama harus dekat
 
Saat ini, kata dia, mengapresiasi AHY terus membenahi interen stuktur partai sendiri setelah sempat ada klaim dari pihak lain. Pembenahan itu dengan membangun jaringan kembali koalisi dari Sabang sampai Merauke di 34 provinsi dan 500 DPD Partai Demokrat di tingkat kabupaten dan kota.
 
"Dengan membenahi stuktur partai sendiri sangat memungkinkan AHY bisa bertarung pada Pilpres 2024," katanya.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

AHY: bahas jatah menteri melukai rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar