Jakarta (ANTARA) - Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia (SPPI) menyatakan mendukung sinergi dan integrasi BUMN dalam layanan pelabuhan yang melibatkan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero).

Dukungan itu ditunjukkan melalui penandatanganan berita acara kesepakatan yang dilakukan oleh Ketua SPPI I, II, III, dan IV bersama Direktur Utama Pelindo I, II, III dan IV, di Bali, pada Kamis (25/06).

Ketua SPPI PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Dodi Nurdiana sekaligus sebagai Sekjen FSPPI (Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia) mengatakan bahwa kekompakan dan kesepahaman serta manajemen yang terbuka menjadikan serikat pekerja mendukung integrasi dengan sepenuh hati.

"Serikat Pekerja akan berada di garda terdepan mengawal proses integrasi ini sampai selesai, ini tidak mudah namun harus berhasil," kata Dodi dalam pernyataannya, Jumat.

Baca juga: Serikat pekerja Jasa Armada dukung integrasi pelabuhan

Dodi mengatakan, Serikat Pekerja akan selalu siap jika dilibatkan dalam seluruh proses pembahasan persiapan integrasi Pelindo.

Ia mengatakan, bagi Serikat Pekerja, Perseroan merupakan wadah bagi para pekerja untuk menunjukkan aktualisasi diri.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Serikat Pekerja.

“Saya mengapresiasi segenap Serikat Pekerja yang telah mendukung secara penuh dan aktif program sinergi dan integrasi BUMN dalam layanan pelabuhan. Hal ini menunjukkan bahwa kita telah mencapai keselarasan dan kesepahaman antara jajaran manajemen dan Serikat Pekerja,” kata Arif.

Arif mengatakan, sinergi dan integrasi BUMN merupakan bentuk nyata upaya standarisasi dan peningkatan kualitas layanan jasa kepelabuhanan di seluruh pelabuhan dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: IPC-Ditjen Pajak kembangkan integrasi data perpajakan berbasis IT

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing logistik di Indonesia yang selama ini masih dianggap kurang optimal.

"Dukungan Serikat Pekerja menjadikan manajemen semakin mantap untuk mempercepat proses integrasi, semoga ini menjadi awal yang baik untuk kebersamaan kita semua," pungkas Arif.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021