MotoGP

FP2 GP Belanda: Kecepatan Vinales belum tertandingi

FP2 GP Belanda: Kecepatan Vinales belum tertandingi

Foto arsip - Pebalap MotoGP Monster Energy Yamaha asal Spanyol Maverick Vinales selebrasi usai menjuarai Grand Prix di Sirkuit Losail International, Lusail, Qatar (28/3/2021). ANTARA/AFP/Karim Jaafar/aa. (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales memiliki modal awal menuju kualifikasi setelah tampil sebagai yang tercepat dalam kedua sesi latihan bebas Grand Prix Belanda pada Jumat.

Pebalap Spanyol itu mencetak waktu terbaiknya pada sesi latihan pagi yang kering dengan 1:33,072 memuncaki catatan waktu kombinasi kedua latihan saat sesi latihan siang diguyur hujan.

Pebalap tim Repsol Honda Pol Espargaro berada pada peringkat dua keseluruhan dengan margin 0,111 detik dan Miguel Oliveira naik ke peringkat tiga untuk KTM setelah memperbaiki catatan waktunya di FP2, demikian laman resmi MotogGP.

Mendung mengancam upaya para pebalap memperbaiki catatan waktunya, namun Fabio Quartararo, Joan Mir, Oliveira, Marc Marquez, dan Johann Zarco mampu tampil lebih cepat dari catatan mereka di FP1.

Kemudian drama terjadi ketika Marquez mengalami highside di Tikungan 11 sehingga terpelanting dari motornya. Beruntun sang juara dunia delapan kali lolos dari cedera dan kembali ke garasi tim Repsol Honda.

Baca juga: Vinales tercepat di FP1 Grand Prix Belanda

Tak lama berselang, rekan satu timnya Pol Espargaro terjatuh di Tikungan 5.

Setelah 15 menit pertama di FP2, hujan mulai turun lagi di Sirkuit Assen. Vinales masih menjadi yang tercepat diikuti Espargaro dan Oliveira.

Hujan turun lebih deras dan para pebalap, yang memilih turun ke trek, mampu melahap sejumlah lap pada kondisi yang kurang menguntungkan itu.

Pemuncak klasemen sementara Quartararo bertahan pada peringkat empat catatan waktu kombinasi, diikuti oleh Alex Rins dan Marquez.

Joan Mir membawa motor Suzuki kedua masuk sepuluh besar di P7, diikuti Zarco, Danilo Petrucci dan Aleix Espargaro.

FP3 akan menjadi kesempatan terakhir para pebalap memperbaiki catatan waktu mereka demi menembus sepuluh besar untuk tiket otomatis lolos ke Kualifikasi 1 (Q2).

Baca juga: VR46 panaskan MotoGP tahun depan, Rossi belum putuskan masa depan

Sepuluh besar catatan kombinasi setelah FP2
1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:33,072
2. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0,111
3. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,328
4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,419
5. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,429
6. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 0,488
7. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,629
8. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0,636
9. Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) + 0,867
10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,921

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

MGPA: Pengaspalan Sirkuit Mandalika tiga lapisan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar