Jakarta (ANTARA) - Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes. dokter anak konsultan alergi imunologi sekaligus Guru Besar Universitas Padjadjaran (Unpad) mengatakan alergi pada anak bisa dicegah sejak anak masih berada di dalam kandungan.

Prof. Budi menjelaskan alergi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keturunan. Jika salah satu anggota keluarga seperti ayah, ibu atau saudara kandung memiliki riwayat alergi maka anak tersebut akan berisiko mengalami alergi meski belum tentu sama jenisnya.

Untuk menghindari alergi muncul dikemudian hari pada anak, maka perlu dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin terutama pada masa kehamilan hingga setelah lahir.

Baca juga: Anak lebih berisiko alergi susu protein sapi, jangan remehkan

"Kalau seorang ibu hamil mengandung anak yang punya bakat alergi karena ibunya punya riwayat alergi atau ayahnya ada alergi, kita harus mencegah sejak masa kehamilan," ujar Prof. Budi dalam acara "Atasi Alergi Si Kecil dengan Deteksi Dini" pada Sabtu.

"Rekomendasi terbaru, selama hamil ibu boleh makan apa saja selama ibunya tidak alergi terhadap makanan apapun. Kalau sudah lahir, sebaiknya ASI eksklusif, selama menyusui ibunya pun boleh makan apa saja tanpa pantangan," lanjut Prof. Budi.

Saat memasuki usia 6 bulan dan mulai MPASI, bayi juga harus dikenalkan pada berbagai jenis makanan termasuk udang. Udang tersebut dapat diolah menjadi berbentuk cair dan konsistensinya disesuaikan dengan pertambahan usia.

"Dulu kan dibilang anak baru boleh dikasih seafood kalau sudah di atas 2 tahun, sekarang rekomendasinya sudah enggak begitu tapi bukan berarti anak umur 6 bulan dikasih udang goreng, ya harus disesuaikan," kata Prof. Budi.

Prof. Budi juga mengatakan saat anak sudah didiagnosa mengalami alergi terhadap protein sapi, sebaiknya dihindarkan dari produk-produk susu sapi baik turunannya atau olahannya.

"Jadi enggak ada istilah tuh sedikit demi sedikit diberikan, jadi harus hindari sama sakali," ujar Prof. Budi.

Baca juga: Mengenal gejala alergi susu sapi pada anak

Baca juga: Penyebab anak gatal-gatal saat pindah ke tempat baru

Baca juga: Lebih sensitif, kenali ciri alergi dan cara merawat kulit anak


 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021