Bandarlampung (ANTARA) - Polda Lampung dan polres jajaran  menggelar vaksinasi massal di 345 lokasi di Provinsi Lampung, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara. 

"Kegiatan vaksinasi serentak ini melibat unsur tiga pilar yaitu TNI-Polri-pemerintah daerah. Kami menyiapkan 33.168 vaksin untuk disalurkan kepada masyarakat di 345 lokasi yang tersebar di Provinsi Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, di Bandarlapung, Sabtu.

Ia menyebutkan ribuan dosis vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat Lampung sampai dengan 1 Juli 2021.

Baca juga: Vaksinasi massal TNI-Polri targetkan 1 juta dosis per hari

Pandra meminta masyarakat mendatangi 345 lokasi yang tersebar di Provinsi Lampung tersebut.

Vaksinasi ini, lanjut Pandra, merupakan target dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang diakselerasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terkait satu juta dosis per hari.

Selain itu, kata Pandra, pelaksanaan vaksinasi ini juga sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75 yang diperingati di tengah pandemi COVID-19.

"Tentunya sebagaimana tema Hari Bhayangkara tahun ini, yaitu Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju," ujar Pandra.

Pandra menyebut, dengan diselenggarakannya vaksinasi massal secara serentak ini diharapkan terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus corona.

Meski begitu, Pandra tetap mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari.

"Tentunya diharapkan tercapai herd immunity di lingkungan masyarakat," ujar Pandra.

Menjelang Hari Bhayangkara ke-75, selain vaksinasi, Polda Lampung juga menggelar Bakti Sosial (Baksos) serentak sebanyak 10.600 paket sembako, 39.000 masker dan hand sanitizer.

Serta kegiatan kemanusiaan lainnya, seperti kegiatan donor darah, operasi bibir sumbing, sunatan massal.

Baca juga: Wakil Bupati Klungkung lepas 200 ekor tukik "Hari Bhayangkara"
Baca juga: Sejumlah anggota Polresta Banyumas siap donor plasma konvalesen

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021