Wisata alam dan wisata permainan maksimal pengunjungnya 25 persen dari kapasitas tempat, beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat kembali membatasi jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata karena melonjaknya kasus penularan COVID-19.

"Wisata alam dan wisata permainan maksimal pengunjungnya 25 persen dari kapasitas tempat, beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB," kata Bupati Bogor, Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Sabtu.

Menurut dia, Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang tergolong primadona bagi para pelancong di setiap akhir pekan, terlebih kawasan Puncak, Cisarua, Bogor.

Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu menyebutkan bahwa belakangan pengelola tempat wisata kerap mengabaikan aturan kapasitas pengunjung meski sebelumnya tertera dalam aturan jumlah maksimal pengunjung adalah 50 persen dari kapasitas.

"Petugas akan turun langsung ke tempat-tempat wisata untuk memeriksa para pengunjungnya. Maka pengelola juga harus mengerti dulu bahwa sekarang situasinya kasus COVID-19 sedang tinggi," kata Ade Yasin.

Penetapan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas tempat itu diatur dalam Keputusan Bupati (Kepbup) bernomor 443/336/Kpts/Per-UU/2021. Kepgup tersebut juga mengubah aturan jam operasional pusat keramaian sesuai dengan masing-masing jenisnya.

Seperti operasional mall, semula maksimal tutup pukul 21.00 WIB menjadi pukul 20.00 WIB. Kemudian, pasar modern dan minimarket yang semula dibolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB pun dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB.

"Restoran, kafe, dan warung makan juga sama operasionalnya dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB," kata Ade Yasin.

Selanjutnya, aktivitas pasar dadakan ataupun bazar juga tak luput dari pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas, dengan jam operasional pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Bupati Bogor terbitkan aturan perketat PPKM Berskala Mikro

Baca juga: Bupati Bogor cari cara lain danai pembangunan Jalur Puncak II

Baca juga: Bupati Bogor jabat Waketum Apkasi, ingin maksimalkan peran daerah

Baca juga: Ade Yasin didaulat jadi "Bunda Desa" Kabupaten Bogor


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021