Mendag pastikan harga pangan stabil jelang Idul Adha

Mendag pastikan harga pangan stabil jelang Idul Adha

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat memantau harga di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (20/4/2021). ANTARA/HO-Kemendag/am.

Seperti beras, kita panen tahun ini bagus sekali. Jadi, saya tidak menghitung adanya impor
Medan (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan berbagai harga pangan atau barang kebutuhan pokok stabil dan ketersediaan pasokan aman menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"Ya, ini kan salah satu perayaan hari besar nasional. Kita kan wajib menjaga. Insya Allah, stoknya ada dan terjamin," terang Lutfi yang ditemui saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

Meski perayaan bagi umat muslim itu tidak sampai sebulan lagi, lanjut Menteri, namun pihaknya tetap melakukan pemantauan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pokok agar harga tetap stabil di pasaran.

Ia mengaku, dengan adanya ketersediaan barang kebutuhan pokok dan lancarnya pasokan dari sentra produksi, maka bisa meredam gejolak harga bila kemungkinan terjadi walau di tengah pandemi COVID-19.

"Insya Allah, karena stok terjamin, maka harga terjangkau. Kita tidak ada impor dan semuanya biasa. Seperti beras, kita panen tahun ini bagus sekali. Jadi, saya tidak menghitung adanya impor," tegas dia.

Sedangkan untuk komoditas, di antaranya gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam dan lain sebagainya dipastikan tetap terjaga pasokannya.

"Karena menurut perhitungan (produksi) gula pasir kita pada tahun ini, tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya. Jadi, mestinya semuanya aman," kata Menteri Lutfi.

Baca juga: Mendag sebut kinerja perdagangan terus alami penguatan
Baca juga: Mendag: Vaksinasi gotong royong bakal percepat pemulihan perdagangan
Baca juga: Anggaran Kemendag 2022 capai Rp2,39 triliun, ini sasaran strategisnya

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah gelontorkan 11.000 liter bantuan minyak goreng di Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar