Jakarta (ANTARA) - Gol spektakuler Kasper Dolberg pada menit ke-27 babak pertama yang dia gandakan pada menit ke-48 babak kedua laga 16 Besar antara Wales dan Denmark di Johan Cruijff Arena membuat Denmark untuk sementara di atas angin.

Sejak kickoff kedua tim menampilkan permainan terbuka yang menarik untuk disaksikan dengan Wales lebih dulu mengambil inisiatif menyerang.

Pada menit 27 sebuah gol tercipta dari kerjasama rapi yang dirancang dari sayap ketika bek kiri Joakim Maehle meneruskan bola kepada Mikkel Damsgaard yang kemudian dikirimkan kepada mantan pemain Ajax Amsterdam Kasper Dolberg.

Baca juga: Susunan pemain Wales vs Denmark; 4-2-3-1 lawan 3-4-3

Dari luar kotak penalti dan menghadapi blokade bek Wales, Dolberg melepaskan tendangan keras yang meluncur lurus ke arah kanan gawang Wales yang tak bisa dihalau kiper Danny Ward.

Dolberg kemudian menggandakan kedudukan pada tiga menit babak kedua setelah didahului kemelut di muka gawang Wales.

Sebelum kedudukan 1-0 tercipta, Wales bermain menekan dan beberapa kali merepotkan lini pertahanan Denmark.

Tapi Dolberg juga yang mengawali rangkaian peluang yang tercipta dalam laga ini pada menit ke-8. Dua menit kemudian giliran Gareth Bale yang melenceng dari gawang. Untuk kedua kalinya pada menit ke-12 Bale menciptakan peluang yang lagi-lagi melebar dari gawang Denmark.

Setelah bek tengah Jannik Vestergaard melewatkan peluang bagus ketika sundulannya yang meneruskan kiriman bola dari sepak pojok terbang di atas gawang Denmark akhirnya menjadi pihak yang lebih dulu menciptakan gol dari Dolberg.

Baca juga: Preview 16 Besar Euro 2020: Wales vs Denmark

Selebrasi gol sempat terganggu karena wasit mesti meninjau VAR untuk melihat potensi offside sebelum gol itu terjadi.

Setelah gol ini, Denmark makin mengintensifkan serangannya, namun Wales juga beberapa kali memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan.

Pada babak pertama ini, Wales melepaskan tujuh percobaan gol tapi tak ada satu pun yang tepat sasaran, sebaliknya Denmark lebih efisien dengan 5 percobaan yang satunya mengarah ke gawang.

Secara umum laga berlangsung imbang. Denmark relatif lebih baik dalam penguasaan bola di mana pada babak pertama komposisinya adalah 58 persen berbanding 42 persen yang dibuat Wales.

Baca juga: Denmark harapkan tuah Amsterdam kala hadapi Wales

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021