Jakarta (ANTARA) - Devin Booker mencetak 25 poin dan Deandre Ayton mengemas 19 poin serta 22 rebound ketika Phoenix Suns menambah satu kemenangan sehingga semakin mendekati Final NBA dengan menaklukkan tuan rumah Los Angeles Clippers 84-80 pada Sabtu (Minggu WIB).

Chris Paul yang baru kembali setelah tersangkut protokol COVID-19 itu mencetak 18 poin dan tujuh assist saat Suns memimpin 3-1 di final Wilayah Barat. Ia membuat lima lemparan bebas dalam tujuh detik terakhir untuk memastikan kemenangan timnya.

Suns sekarang memiliki tiga peluang untuk mengamankan tempat mereka di Final NBA. Peluang pertama mereka ada di gim kelima saat Suns kembali berhadapan dengan Clippers pada Senin (Selasa WIB) di Phoenix.

Paul George mencetak 23 poin dan 16 rebound untuk Clippers lewat lima dari 20 tembakannya di lapangan, termasuk satu dari sembilan tembakan tiga angka. Sedangkan Reggie Jackson mencatat 20 poin.

Los Angeles hanya menembak 32,5 persen dari lapangan saat mereka bermain tanpa Kawhi Leonard untuk pertandingan playoff keenamnya berturut-turut karena cedera lutut.

Tertinggal 50-36 di babak pertama, Clippers bangkit kembali dengan mengungguli Suns 30-19 di kuarter ketiga. Los Angeles memiliki beberapa peluang untuk memimpin pada kuarter keempat, tetapi kedua tim justru melewati rentang waktu hampir empat menit tanpa tambahan poin dan Suns tetap memimpin dengan skor 71-70.

Tidak ada tim yang menembak dengan baik pada kuarter keempat, sementara saat itu Suns menembak 21,1 persen dan berbanding 15,8 persen dengan Clippers.

Clippers betul-betul membutuhkan pemain yang setara dengan Leonard, karena George hanya melesakkan 1 dari 7 tembakan pada kuarter terakhir.

Terance Mann mendongkrak keunggulan Clippers 79-76 lewat sebuah layup di sisa waktu 58,5 detik terakhir, tak lama setelah Booker dilanggar. Namun dua lemparan bebas dari Paul dengan waktu 7,0 detik tersisa memberi Suns keunggulan 81-78.

Setelah saling beradu lemparan bebas dari kedua tim, George menambahkan satu lemparan untuk Clippers dengan 3,2 detik tersisa dan membawa Los Angeles unggul 82-80.

Namun dia gagal pada lemparan kedua, dan Suns mendapat rebound yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Paul untuk menyarangkan dua lemparan tambahan.

Clippers hanya melepaskan lima dari 31 (16,1 persen) lemparan tiga angka dalam pertandingan tersebut, sedangkan Suns membuat empat dari 20 (20 persen) lemparan tiga angka. Phoenix menembak 36 persen secara keseluruhan.

Mikal Bridges mencetak 13 rebound untuk Suns, sedangkan Ivica Zubac menyumbang 13 poin dan 14 rebound untuk Clippers. Sementara Mann membukukan 12 poin untuk Los Angeles, demikian dilaporkan Reuters.

Baca juga: Bucks rebut gim kedua, Final Wilayah Timur kini 1-1
Baca juga: George pimpin Clippers atasi Suns dalam gim ketiga final Wilayah Barat
Baca juga: Chris Paul kembali perkuat Suns pada gim ketiga final Wilayah Barat


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021