Jakarta (ANTARA News) - Saat mencapai 268 mil perjam, Bugatti pada bulan lalu kembali meneguhkan diri sebagai mobil pabrikan tercepat di dunia bulan lewat New Veyron 16.4 super sport.

Mungkinkah divisi elit Volkwagen itu khawatir kehilangan rekor oleh SuperCar dari Shelby? menurut para bosnya, tidak.

"Itu bukan berarti bahwa kami menyasar Shelby," Ujar John Hill, kepala penjualan Bugatti untuk wilayah Amerika utara dan Selatan, seperti dimuat USA Today.

"Ini tentang bagaimana kami melangkah lebih jauh dengan apa yang telah kami bangun."

Tapi, di pihak Shelby SuperCar, pendirinya yaitu Jeron Shelby, sangat berhasrat  mengambil kembali mahkota kecepatan itu - dan ia memiliki prototipe yang mampu melakukannya."Bugatti seperti Goliath" kata Jeron, "Kami seperti David."

Kompetisi seperti itu telah  meningkatkan kemampuan kendaraan hingga lebih dari tiga kali dari batas kecepatan yang diperbolehkan.

Persaingan tersebut terlihat baru - baru ini terlihat di daerah eksklusif kalangan atas AS, di selatan San Fransisco.

Bugatti Super Sport seharga 2,1 juta dolar AS pamer diri di stately Quail Lodge Golf Club sedangkan Shelby tampil di istana puncak lembah Monterey, yang berjarak beberapa mil dari lokasi saingannya.

Kompetisi itu dimulai pada 2005 ketika Bugatti, yang diambil dari pembuat mobil balap dan sedan mewah Italia,  menggebrak dunia otomotif dengan kehadiran supercar pertama, yang memiliki 16 superturbo charge setara 1.001 tenaga kuda Veyron 16.4.

Belum pernah ada mobil pabrikan yang mencapai  254 Mil per jam, dan sangat mahal, mencapai 1.2 juta dolar.Bugatti saat itu berjanji hanya akan memproduksi 300 unit.

Lalu datanglah Shelby (yang tak memeliki relasi dengan legenda pembesut Mustang Caroll Shelby) yang memulai perusahaan supercarnya di tahun 1998.

Perusahan kecilnya, bermarkas di barat Richland, Wash, telah membuat sekitar 15 kendaraan super Ultimate Aeros dengan harga mulai 740 ribu dolar. mobil itu memiliki 8 silinder turbocharge yang menghasilkan 1.183 tenaga kuda.

Pada tahun 2007, mereka mencapai  kecepatan dari 256 mil per jam. Motto perusahaan itu; "life begins at 250."

Bugatti berniat merebut kembali posisi pertama. Mereka meningkatkan tenaga kuda Veyron hingga 1.200 untuk menciptakan Super Sport yang akan tersedia pada akhir tahun ini.

Mobil berkursi dua itu dapat menempuh dari 0 hingga 200 mil per jam dalam waktu 17.4 detik.
(YUD/A038/ART)
Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010