Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu yang masih layak untuk dibaca pagi ini, mulai dari warga yang beraktivitas keluar-masuk Kota Surabaya wajib mengurus SIKM hingga kasus COVID-19 di Bogor mengkhawatirkan.

Berikut sejumlah rangkuman berita pada Minggu:

1. Warga beraktivitas ke luar masuk Surabaya diwajibkan urus SIKM

Warga yang bekerja atau beraktivitas dengan keluar masuk wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur, diwajibkan mengurus Surat Izin Perjalanan atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ke kantor kecamatan dan kelurahan.

Koordinator Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Eddy Christijanto di Surabaya, Minggu, mengatakan, penerbitan SIKM bagi yang akan bekerja/berkegiatan ke luar Kota Surabaya dilakukan berdasarkan Surat Edaran Nomor 440/3253/436.7.22/2021 tentang Penerbitan SIKM.

"Agar ketentuan tersebut dapat berjalan dengan baik maka diminta kepada Camat dan Lurah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing," kata Eddy.

2. Vaksinasi COVID-19 Indonesia tembus 1,3 juta per hari, kata Menkes

Pemerintah telah berhasil mencapai target 1,31 juta dosis penyuntikan vaksinasi COVID-19 per hari yang berlangsung pada Sabtu (26/6), kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Secercah berita baik, Indonesia berhasil melakukan 1,3 juta vaksinasi per hari yang dicapai kemarin. Terima kasih untuk TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu," katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

3. Semen Padang Hospital jadi rumah sakit pusat layanan kecelakaan kerja

Semen Padang Hospital (SPH) menjadi Rumah Sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang digandeng BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek untuk melayani pasien kecelakaan kerja.

Kepala Pemasaran, Humas dan Umum SPH Yosrida Risman, di Padang, Sabtu, mengungkapkan PLKK merupakan fasilitas pelayanan kesehatan berupa klinik, puskesmas, balai pengobatan, praktik dokter bersama, dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJamsostek dalam memberikan pelayanan kesehatan pada kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.

"Keberadaan PLKK secara administrasi dinilai memudahkan peserta. Mereka yang mengalami kecelakaan kerja tidak perlu menunda berobat menunggu ada uang atau malah berobat ke alternatif. Mereka dapat langsung menuju SPH untuk pengobatan," kata dia lagi.

4. Kasus terkonfirmasi COVID-19 bertambah 21.342 dan sembuh 8.024 orang

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan kasus terkonfirmasi positif di Indonesia bertambah 21.342 orang, sedangkan yang sembuh bertambah 8.024 orang hingga Minggu, pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan laporan laju kasus COVID-19 yang diterima di Jakarta, dilaporkan juga penambahan kasus kematian sebanyak 409 orang.

Dengan adanya tambahan pasien terkonfirmasi positif, maka jumlah akumulasi kasus di Indonesia mencapai 2.115.304 orang, kemudian 1.850.481 orang telah dinyatakan sembuh dan 57.138 jiwa meninggal dunia sejak kasus pertama COVID-19 terkonfirmasi di Indonesia pada Maret 2020.

5. Bima Arya: Kasus COVID-19 di Kota Bogor sangat mengkhawatirkan

Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya Sugiarto menyatakan penyebaran kasus COVID-19 di Kota Bogor situasinya sudah sangat mengkhawatirkan dan ketersediaan tempat tidur (BOR) di 21 rumah sakit rujukan sudah terisi hampir penuh.

"Situasinya sudah nyaris melampaui batas kita semua untuk menanganinya. Harus ada langkah-langkah yang luar biasa secara lebih makro," katanyaa usai mengunjungi Rumah Sakit Marzoeki Mahdi di Kota Bogor, Minggu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021