Liwa, Lampung Barat (ANTARA News) - Sambal Mattah menjadi salah satu sambal khas dari Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, sambal ini disajikan dikala masyarakat membuat menu ikan.

"Sambal mattah menjadi sambal khas daerah ini, selain rasanya enak, sambal ini dijadikan menu pembangkit selera, karena sambal mattah disajikan bersama menu bakar ikan," kata masyarakat Kelurahan May Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Desta Yulia (32) sekitar 278 Km dari Bandarlampung di Way Mengaku, Minggu.

Dia menjelaskan, sambal ini menjadi kegemaran masyarakat Lampung Barat.

"Rasanya yang khas membuat sambal ini sangat di gemari masyarakat, hampir setiap hari menu sambal ini dibuat untuk pelengkap makan lauk seperti ikan," kata dia.

Dikatannya, sambal mattah terbuat dari tomat mentah yang masih hijau yang ditambah bumbu pilihan, sehingga rasa yang dihasilkan menggugah selera.

Kemudian, lanjut dia, terasa kurang bila mengkosumsi ikan tanpa ada sambal mattah.

"Bila mengkosumsi ikan berbagai olahan bila tidak ada sambal mattah, maka terasa kurang lengkap, pasalnya sambal ini menjadi darah daging bagi sebagian besar masyarakat," katanya.

Sambal mattah menjadi salah satu menu khas yang di sajikan masyarakat yang berada di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, apalagi saat bulan ramadhan, sambal mattah menjadi menu wajib masyarakat.

Biasanya sambal mattah disajikan bersama menu ikan yang diolah bakar maupun goreng, karena sambal ini akan menghasilkan rasa yang nikmat saat disatukan dengan lauk ikan tersebut.

Beragam wisata kuliner yang terdapat didaerah ini, unik dan menarik, mulai dari proses pengolahan hingga cara penyajian, sehingga daerah kaya akan pesona wisata kuliner khas masyarakat.

Sambal mattah terbuat dari tomat mentah hijau, cabe rawit yang ditambah bumbu rempah lain, yang biasa disajikan bersama coek (tempat membuat sambal).

Sambal jenis ini juga biasa dicampur juga dengan mangga muda sehingga rasanya semakin asam juga pedas.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Perhubungan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat, Sudirman MM, mengatakan, Lampung Barat kaya wisata kuliner.

"Daerah ini kaya akan wisata kuliner yang unik dan memilki rasa tidak kalah sedapnya dengan masakan yang sudah ada dipasaran," kata dia.

Dia menjelaskan, ragam makanan khas masyarakat menjadi daya tarik Lampung Barat.

"Keanekaragaman makanan yang disajikan didaerah ini menjadi pemikat bagi wisatawan lokal maupun luar negeri yang berkunjung di Lampung Barat, pasalnya makanan tersebut hanya disajikan di Lampung Barat saja," kata dia lagi.

Dia menambahkan, masyarakat Lampung Barat tetap menjaga khasanah budaya melalui rasa.

"Saya mengharapkan masyarakat dapat menjaga cita rasa masakan daerah dari Lampung Barat, sehingga jenis masakan rakyat ini akan dapat terus lestari, dan terus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, dari generasi ke generasi," katanya menambahkan.
(T.ANT-049/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010