Pemkot Bandarlampung sediakan alat GeNose di Gedung PTSP

Pemkot Bandarlampung sediakan alat GeNose di Gedung PTSP

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana saat dimintai keterangan. Senin (28/6/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Lampung, menyediakan alat deteksi dini COVID-19 GeNose C19 di Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bagi masyarakat kota itu tanpa dipungut biaya.

"Bagi masyarakat yang ingin urus berkas di gedung pelayanan ini, kalau mereka ingin periksa dengan GeNose silakan saja, gratis," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Bertambah 2, KAI kini layani pemeriksaan GeNose C19 di 65 stasiun

Ia mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya alat GeNose C19 ini untuk deteksi dini dan mencegah penyebaran virus corona di Kota Bandarlampung.

"Selain di Gedung PTSP, pemkot juga menyediakan alat GeNose di dua lokasi lainnya, yakni di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A Dadi Tjokrodipo dan di Dinas Kesehatan Bandarlampung," kata dia.

Baca juga: KAI Cirebon perpanjang layanan tes GeNose hingga malam hari

Guna terus menekan sebaran COVID-19, Wali Kota Bandarlampung itu pun berencana menyediakan alat GeNose C19 di pasar dan tempat keramaian lainnya.

"Ini kan pengecekannya cepat hanya 5 menit sudah bisa selesai dan itu gratis. Ini juga untuk mencegah penyebaran COVID-19 seperti di daerah-daerah lain," kata dia.

Dia pun mengatakan bahwa apabila dalam pengetesan GeNose ada masyarakat yang terdeteksi COVID-19, maka mereka akan langsung menjalani isolasi.

Baca juga: Fasilitas tes GeNose C19 sudah tersedia di 18 bandara AP II

"Kalau ada yang terdeteksi oleh alat ini akan kami langsung isolasi. Ini merupakan upaya kita mencegah penyebaran COVID-19 selain vaksinasi yang terus digencarkan," kata dia lagi.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bandung tetap siaga awasi prokes saat libur Natal dan tahun baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar