Bulu tangkis

Finlandia gantikan China jadi tuan rumah Piala Sudirman 2021

Finlandia gantikan China jadi tuan rumah Piala Sudirman 2021

BWF mengumumkan Finlandia jadi tuan rumah penyelengaraan Piala Sudirman 2021 (ANTARA/Juns)

Kami sangat gembira bisa menggelar turnamen bulu tangkis beregu campuran paling bergengsi di dunia ini ke Finlandia untuk pertama kalinya
Jakarta (ANTARA) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Senin mengumumkan bahwa Vantaa, Finlandia, akan menggantikan China sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Sudirman 2021 pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Dilansir laman resmi BWF, pembatasan akibat COVID-19 menjadi alasan pemindahan lokasi. BWF menilai tidak memungkinkan untuk memutar kompetisi di China pada tahun ini di tengah berbagai pembatasan akibat COVID-19.

Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund mengatakan perubahan tersebut harus dilakukan demi mengoptimalkan eksistensi olahraga bulu tangkis serta menjaga keberlangsungan hidup para atlet yang mengandalkan turnamen olahraga sebagai salah satu mata pencarian.

Baca juga: PBSI pertimbangkan gelar simulasi Piala Sudirman

“Eropa dinilai wilayah yang lebih layak mengadakan turnamen saat ini karena memiliki cakupan vaksinasi yang lebih tinggi serta aturan pembatasan perjalanan yang lebih sedikit,” kata Lund.

“Finlandia telah menyelenggarakan turnamen internasional pada 2020 dan 2021 dengan rencana pelaksanaan yang terbukti aman dan fleksibel bagi para peserta. Dan kami sangat gembira bisa menggelar turnamen bulu tangkis beregu campuran paling bergengsi di dunia ini ke Finlandia untuk pertama kalinya.”

Selain itu, BWF juga mengumumkan bahwa Piala Thomas dan Uber 2020, yang tertunda satu tahun, tetap akan digelar di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober mendatang.

Keputusan untuk menggelar Piala Sudirman 2021 dan Piala Thomas dan Uber dengan jadwal yang berdekatan itu dilakukan sebagai upaya BWF guna mengurangi mobilitas para atlet.

Baca juga: Thomas & Uber Cup 2020 diundur akibat virus corona
Baca juga: 45 tahun silam, Indonesia rebut Piala Uber pertamanya
Baca juga: 18 tahun berlalu sejak Indonesia mendekap Piala Thomas terakhirnya

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden BWF resmi minta maaf terkait insiden All England 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar