Anies cek fasilitas hingga ketersediaan oksigen di RSKD Duren Sawit

Anies cek fasilitas hingga ketersediaan oksigen di RSKD Duren Sawit

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperhatikan monitor CCTV yang terdapat di ruang pasien COVID-19 saat meninjau Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/6/2021) malam. ANTARA/Khairudin Syafri*/aa.

Melalui monitor CCTV, terlihat jelas lorong-lorong rumah sakit telah menjadi tempat perawatan sementara karena kapasitas kamar penuh
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin (29/6) malam melakukan inspeksi ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk mengecek fasilitas kesehatan hingga ketersediaan oksigen di rumah sakit tersebut seiring tingginya kasus aktif COVID-19 di ibu kota.

Anies tiba sekitar pukul 21.00 WIB di RSKD Duren Sawit didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia, Direktur RSKD Theryoto, dan Wakil Direktur Pelayanan Medis RSKD Luigi.

Baca juga: Wagub DKI ingatkan warga terkait keterisian RS capai 65 persen

Dalam kunjungan tersebut, Anies melihat kondisi keterisian tempat tidur isolasi, ruang Intensive Care Unit (ICU), dan instalasi gawat darurat (IGD).

"Kita ingin memastikan dengan melonjaknya kasus COVID dalam 14 hari terakhir, fasilitas kesehatan kita dengan segala keterbatasan bisa tetap melayani pasien secara optimal," kata Anies di RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/6) malam.

Baca juga: 3.110 pasien COVID dirawat di RS Wisma Atlet kemayoran

Anies juga berbincang dengan para tenaga medis, serta mengecek langsung ketersediaan oksigen dan kapasitas fasilitas penunjang bagi perawatan pasien COVID-19.

Melalui monitor CCTV di ruang kontrol RSKD Duren Sawit, terlihat jelas lorong-lorong rumah sakit telah menjadi tempat perawatan sementara karena kapasitas kamar penuh.

Di hari yang sama, Anies juga melakukan tinjauan ke RSUD Tarakan, Jakarta Pusat di mana fasilitas seperti ruangan khusus ICU, bahkan untuk bayi, berjalan dengan baik untuk penanganan pasien, meskipun keterisiannya penuh.

Baca juga: Riza Patria nyatakan segera tambah rumah sakit rujukan COVID-19

Oleh karenanya, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta warga DKI Jakarta, khususunya, untuk mengurangi intensitas bepergian guna menghindari potensi penularan virus.

"Saya ingin mengajak kepada semua di rumah sakit ini, ada pesan mari kurangi bepergian, mari kita hindari potensi penularan, mari kita pilih keselamatan," kata Anies di RSUD Tarakan.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov DKI gandeng e-commerce untuk perluas pasar UMKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar