Pemprov Malut lounching logo STQ tingkat nasional

Pemprov Malut lounching logo STQ tingkat nasional

Pemprov Malut bersama Kementerian Agama RI resmi melaunching logo, website dan ivent Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional tahun 2021 dipusatkan Kantor Gubernur Malut. ANTARA/Abdul Fatah.

Ternate (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) bersama Kementerian Agama RI resmi meluncurkan logo, website dan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional tahun 2021 yang dipusatkan di Kantor Gubernur Malut.

Wakil Gubernur Malut, M Al Yasin Ali di Ternate, Selasa, mengatakan, peluncuran logo, website STQ Nasional bagi seluruh jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat Malut adalah sebuah harapan terbesar.

Dia menyatakan penyelenggaraan STQ ditujukan untuk mencari bibit unggul yang akan menjadi perwakilan Indonesia pada gelaran tilawatil tingkat internasional dan tujuan utama diselenggarakannya Seleksi Tilawatil Qur’an adalah untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengalaman membaca isi kandungan Al-Qur’an.

Sekedar diketahui, peluncuran dihadiri perwakilan dari 19 Provinsi secara tatap muka dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, Forkompinda Provinsi, Kanwil Kementerian agama se-Indonesia, Ketua-ketua LPTQ se-Indonesia dan secara virtual oleh 15 provinsi.

Baca juga: Untuk STQ nasional 2021, Malut siapkan infrastruktur dan kepanitiaan

Baca juga: Kemenag tinjau kesiapan STQ nasional di Sofifi


Untuk masing-masing Cabang Lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara terdiri dari golongan putera dan puteri yaitu untuk Cabang Seni Baca Al-Qur’an Golongan Anak-anak (Putra dan putri) dan Golongan Dewasa (Putra dan putri).

Kemudian, untuk Cabang Hafalan Al-Qur’an terdiri Golongan 1 Juz dan Tilawah (Putra dan putri), Golongan 5 Juz dan Tilawah (Putra dan putri), Golongan 10 Juz (Putra dan putri), Golongan 20 Juz (Putra dan putri) dan Golongan 30 Juz (Putra dan putri).

Selanjutnya, untuk Cabang Tafsir Al-Qur’an terdiri dari Golongan Tafsir Bahasa Arab (Putra dan putri) dan Cabang Musabaqah Al-Hadits terdiri dari Golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad (Putra dan putri) dan Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad (Putra dan putri).

Peluncuran yang dipusatkan di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara ditandai dengan pemukulan Tifa dan disaksikan secara virtual dan tatap muka secara terbatas, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menyatakan, STQ Nasional XXVI tahun 2021 mengambil tema melalui STQ Nasional, kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan nilai–nilai Al-Qur'an untuk mewujudkan generasi milenial Qur’ani yang Unggul menuju Indonesia Hebat dan Maju.

Kamaruddin juga memastikan pelaksanaan STQ nasional di Malut akan digelar pada tanggal 16 hingga 25 Oktober 2021 mendatang.*

Baca juga: Daftar pemenang dari berbagai cabang di STQ Nasional XXV di Pontianak

Baca juga: Ini cara menghapal Quran dari Juara 1 HQ 1 Juz asal Banten

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dukung STQ XXVI, Ganjar Pranowo disambut warga Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar