Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga antusias menjalani vaksinasi dengan layanan tanpa turun dari kendaraan atau "drive thru" yang diselenggarakan Polres Metro Jakarta Selatan, guna mengendalikan penularan COVID-19.

"Ini lebih efisien jadi tidak perlu antre lebih lama lagi," kata seorang peserta vaksinasi Agus di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa.

Vaksinasi dengan layanan tanpa turun dari kendaraan itu diadakan di Jalan Dharmawangsa I yang persis berada di samping Polres Metro Jakarta Selatan.

Warga Penjaringan, Jakarta Utara itu mengaku langsung daftar ke Polres Metro Jakarta Selatan sehari sebelumnya, sekaligus mencantumkan empat anggota keluarganya untuk mengikuti vaksinasi tanpa turun dari kendaraan.

Ia mendapatkan informasi adanya layanan vaksinasi gratis tanpa turun dari kendaraan dari seorang teman kerjanya di kawasan Jakarta Selatan.

Syaratnya pun mudah yakni dengan melampirkan fotokopi KTP dan menjalani pemeriksaan medis sebelum mendapat suntikan vaksin yang diberikan merek Sinovac.

Setelah mendapatkan vaksinasi, warga tidak langsung meninggalkan area vaksinasi namun menunggu sekitar 30 menit untuk observasi.

Sementara itu, Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Azis Andriansyah mengatakan pihaknya berencana akan membuka sekitar 100 kuota vaksinasi per hari.

Meski begitu, jumlah kuota disesuaikan dengan situasi di lapangan, mengantisipasi lonjakan peminat serta menekan kerumunan.

"Kami tidak sekedar membuka kuota di luar kemampuan, jika sudah melebihi kami setop beberapa saat, ketika kuota sudah penuh, kami hentikan sampai semua dilayani, kami buka kembali," ucap Azis.

Dia menjelaskan layanan tersebut akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Sementara itu, sejumlah warga lain juga mendaftar untuk ikut vaksinasi pada hari berikutnya.

"Kebetulan dekat dan ada kemudahan, saya ikut vaksinasi," kata Hasimi asal Serang, Banten yang bekerja menjadi petugas keamanan di sekitar kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Baca juga: Polres Jaksel adakan layanan vaksinasi bagi pengendara tanpa turun
Baca juga: Gojek dan Pemprov DKI Jakarta laksanakan vaksinasi "drive thru"
Baca juga: Presiden: Vaksinasi dengan cara "drive thru" bisa dicontoh daerah lain

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021