Sydney (ANTARA) - Negara bagian terpadat di Australia, New South Wales (NSW), melaporkan sedikit peningkatan kasus COVID-19 yang didapat secara lokal pada Selasa, sementara para pejabat memperketat pembatasan untuk menahan penyebaran varian Delta yang sangat menular di beberapa wilayah lain.

Wabah di ibu kota NSW Sydney yang terkait dengan varian tersebut telah berkembang menjadi hampir 150 kasus.

Kekhawatiran ketegangan dapat memicu wabah besar telah memaksa penguncian di tiga kota besar dan beberapa bentuk pembatasan di beberapa kota lainnya - mempengaruhi lebih dari 20 juta orang Australia, atau sekitar 80 persen dari populasi.

Baca juga: Queensland perketat pembatasan di tengah wabah COVID di Australia
Baca juga: Status waspada COVID-19 Selandia Baru diperpanjang


Perth, ibu kota Australia Barat, memulai penguncian empat hari mulai Selasa, bergabung dengan Sydney dan Darwin.

Queensland akan memberlakukan penguncian cepat selama tiga hari di ibu kota Brisbane dan beberapa wilayah tetangga mulai Selasa malam.

"Risikonya nyata dan kita harus bertindak cepat, kita harus bekerja keras, kita harus cepat," kata Pemimpin Negara Bagian Queensland Annastacia Palaszczuk. Negara bagian itu melaporkan dua kasus lokal baru.

Sydney, rumah bagi seperlima dari 25 juta penduduk Australia, berada di bawah penguncian dua minggu hingga 9 Juli sementara penguncian di kota utara Darwin diperpanjang selama 72 jam hingga Jumat.

Pembatasan ketat, termasuk penggunaan masker secara wajib dan lebih sedikit pertemuan, diberlakukan di tempat lain.

NSW melaporkan 19 infeksi baru yang didapat secara lokal, terdeteksi dari rekor 67.000 tes, dibandingkan 18 kasus sehari yang lalu.

Untuk mencegah infeksi, Australia pada Senin malam mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 seperti suntikan wajib untuk pekerja perawatan lanjut usia yang berisiko tinggi dan karyawan di hotel karantina serta menyediakan vaksin AstraZeneca untuk orang di bawah usia 60 tahun.

Para pejabat sebelumnya telah membatasi penggunaan suntikan AstraZeneca hanya untuk orang-orang berusia di atas 60 karena kekhawatiran pembekuan darah.

Sementara itu para pejabat merekomendasikan suntikan Pfizer kepada semua orang berusia di bawah 60 dalam perubahan besar yang memperlambat upaya imunisasi Australia.

Pihak berwenang sekarang mengatakan orang berusia di bawah 60 tahun dapat meminta vaksin AstraZeneca jika disetujui oleh dokter mereka, yang akan ditanggung oleh skema ganti rugi.

Pejabat kesehatan mengatakan vaksin AstraZeneca menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap COVID-19 dan manfaatnya jauh lebih besar daripada risiko apa pun.

Penguncian, pelacakan kontak cepat, dan aturan jarak sosial yang ketat telah membantu Australia menjaga angka COVID-19 relatif rendah, dengan lebih dari 30.500 kasus dan 910 kematian, bahkan ketika peluncuran vaksinasi telah mencapai beberapa hambatan.

Sumber : Reuters

Baca juga: Australia hanya akan buka perbatasan internasional jika aman
Baca juga: Tim tanggap COVID Australia adakan pertemuan darurat di tengah wabah

 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021