9 tips membeli HP Redmi

9 tips membeli HP Redmi

Ilustrasi hp Xiaomi Redmi (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Hp Xiaomi, termasuk hp Redmi, merupakan salah satu brand yang populer di Indonesia. Bukan tanpa sebab, hal ini tentu saja karena hp buatan Tiongkok ini memiliki banyak keunggulan. Harganya murah, kualitasnya juga bagus.

Karena kepopulerannya, hp Redmi banyak yang disalahgunakan. Dalam artian, banyak hp Redmi di luaran yang ternyata abal-abal. Dari yang palsu, bukan Redmi resmi, atau barang hasil rekondisi. Jadinya, jika tidak jeli saat membeli maka Anda bisa saja tertipu dan salah memilih model.

Anda yang sedang berencana membeli hp Redmi ada baiknya teliti. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan hp Redmi seperti yang benar-benar diharapkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan acuan saat membeli hp Redmi.

1. Pastikan Redmi yang Anda Beli Bergaransi Resmi
Tak semua hp Redmi yang ada di pasar memiliki garansi yang resmi. Ada malah hp Redmi yang tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia, tapi banyak dijual. Ya, hal ini karena kepopulerannya. Banyak orang yang ingin meraup keuntungan besar. Jadinya, mereka mengimpor sendiri hp Redminya langsung dari Tiongkok tanpa jalur sah. Model hp yang begini pasti tidak punya garansi resmi.

Tak hanya garansi resmi, hp Redmi yang begini juga akan susah mendapat servis. Sebab memang bukanlah hp yang resmi. Kerugian lainnya dari membeli hp yang tidak resmi adalah tidak bisanya menangkap sinyal provider yang ada di Indonesia. IMEI-nya bahkan terblokir.

Cara mengecek hp Redmi yang asli dan resmi sebenarnya gampang. Yaitu dengan mengecek sticker TAM yang ada di box-nya dan kemudian logonya ada di sudut kiri atas. Nah jika belanjanya secara online, cara paling mudah untuk mendapat Redmi asli dan resmi tentu saja adalah dengan beli di official store-nya, baik yang offline maupun online di berbagai marketplace terpercaya. Di Blibli.com salah satunya.

2. Pilih Hp yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget
Tips yang satu ini sebenarnya umum untuk semua brand. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah menentukan kebutuhan dan budgetnya. Misalnya hp untuk main game, hp untuk fotografi, dan lain-lain. Dengan begini Anda bisa langsung mencari hp Redmi sesuai range harganya.

Untuk budget 1 jutaan, Anda bisa memilih Redmi 9, Redmi 9C, dan Redmi 9A. Hp-hp ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan penggunaan dasar sehari-hari. Misalnya untuk chat, buka-buka media sosial, hingga belajar online.

Untuk budget 2 hingga 4 Juta, Anda bisa memilih hp Redmi Note series. Misalnya saja Redmi Note 8, atau Redmi Note 8 Pro, kemudian Redmi Note 9, atau bahkan Redmi Note 9. Sebagai info, harga Redmi Note 9 kini sudah di bawah 3 juta sehingga menarik untuk dijadikan pilihan jika mencari hp yang performanya baik, kameranya bagus dan fitur-fiturnya keren.

3. Membeli Hp Redmi di Saat Event Promo
Membeli hp Redmi akan lebih bagus jika dilakukan saat event promo. Misalnya saja saat ada flash sale, promo penjualan perdana, atau berbagai event di marketplace semacam Harbolnas. Sebab pada saat-saat tersebut, semua hp secara umum, dan hp Redmi secara khusus itu harganya jadi lebih murah. Bisa hemat hingga ratusan ribu lho!

4. Membeli Hp Redmi di Official Store-nya
Redmi atau secara umum Xiaomi memiliki toko resmi, namanya Mi Store. Meski belum tersebar di semua kota besar di Indonesia akan tetapi toko ini sudah banyak. Nah dengan beli langsung di Mi Store, Anda jelas akan mendapat hp Redmi yang asli dan bergaransi resmi.

5. Hp Redmi Tipe Lama Tidak Selalu Lebih Jelek dari Seri Terbarunya
Ini yang sebenarnya mengherankan. Produsen sering kali mengeluarkan produk baru yang malah lebih rendah spesifikasinya dari seri hp yang sebelumnya; downgrade. Termasuk hp Redmi. Jadi pastikan Anda tidak selalu memilih hp varian terbaru. Teliti dengan spesifikasi, serta menyesuaikan dengan kebutuhan Anda tetaplah utama.

6. Jangan Lupakan Ukuran Layar
Hp Xiaomi, termasuk Redmi, mempunyai variasi dalam hal ukuran layar. Dari yang kelas 6 inci hingga ke 5 inci. Memilih ukuran layar tentu ada kaitannya dengan penyesuaian terhadap tangan Anda, atau kebutuhan Anda.

7. Teliti dengan Kameranya
Anda terutama yang mencari hp untuk fotografi atau membuat video, harus jeli dengan kamera pada hp Redmi yang akan Anda beli. Pilih teknologi kamera hp Redmi yang paling bagus. Sebab dari satu seri ke seri yang lainnya itu kebanyakan mengusung teknologi yang berbeda. Ada yang quad camera, ada yang dual camera, dan lain-lain. Teliti di sini juga tentu dengan cara menambah pengetahuan Anda terlebih dahulu. Misalnya dengan membaca atau menonton Youtube mengenai teknologi kamera pada hp-hp Redmi.

8. Support MIUI Terbaru
Ini juga tak kalah penting. Saat membeli hp Redmi, pastikan Anda memilih yang sudah punya MIUI terkini. Caranya yaitu dengan tidak membeli model yang terlalu lama. Pilih yang OS-nya masih baru. Atau setidaknya yang bisa di-upgrade. Dan pastikan juga hp Redmi yang Anda beli support update OS Google terbaru ke depannya.

9. Pilih yang Kapasitas Baterainya Besar
Sekarang ini jamannya hp dengan kapasitas baterai yang besar. Jadi saat memilih hp Redmi, pastikan Anda pilih yang kapasitas baterainya besar agar Anda tidak sering mengecas baterainya. Memilih yang di atas 4.000 mAh tentu jadi pilihan terbaik saat ini.

Itu tadi 9 tips yang perlu Anda ketahui sebelum membeli hp Redmi. Pastikan Anda membaca semuanya agar Anda bisa mendapat hp Redmi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar